Hot News
Home » Fotografi » Tips Foto » Belajar Memotret Subyek Bergerak Dengan Teknik Panning

Belajar Memotret Subyek Bergerak Dengan Teknik Panning

Kali ini kita akan membahas mengenai belajar memotret subyek bergerak dengan teknik “panning”

Apa itu “Panning”?

Panning adalah teknik yang dapat menghasilkan sebuah karya foto yang luar biasa (jika Anda memang sempurna … atau sedang beruntung), tetapi juga diperlukan banyak latihan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Ide dasar dibalik teknik “panning” adalah  kamera Anda bergerak mengikuti subjek yang sedang bergerak dalam kurun waktu tertentu dan akhirnya mendapatkan subjek yang relatif tajam tapi latar belakang pada subyek tersebut menjadi kabur.

Hal ini memberikan sebuah foto efek gerakan dan kecepatan. Teknik ini berguna dalam menangkap subjek yang bergerak cepat apakah itu sebuah mobil balap, menjalankan hewan peliharaan, pengendara sepeda, dan lainnya.

Teknik “panning” tampaknya bekerja baik dengan subyek yang bergerak pada di lintasan relatif lurus yang memungkinkan Anda untuk memprediksi dimana mereka akan pindah. Subyek yang bergerak tidak beraturan dapat menghasilkan gambar tampak berantakan sebagai blur yang  tidak menentu.

1/60s - f/11 - 18mm

Bagaimana cara Anda melakukannya?

> Pilih kecepatan shutter sedikit lebih lambat dari biasa. Mulailah dengan 1/30 detik dan kemudian bermain-main dengan kecepatan yang lebih lambat. Tergantung pada cahaya dan kecepatan dari subjek, Anda dapat juga menggunakan kecepatan di antara 1/60 detik sampai dengan 1/8 detik meskipun pada kecepatan lambat Anda mungkin akan mendapati blur yang dihasilkan dari kamera yang tidak stabil.

> Posisikan diri pada tempat di mana pandangan Anda ke subjek foto tidak terhalang oleh siapapun, atau apapun. Juga pertimbangkan latar belakang foto Anda. Meskipun hasilnya akan kabur namun akan mengganggu jika ada bentuk atau warna yang tidak bagus. Latar belakang berwarna atau polos tunggal cenderung memberikan hasil terbaik.

> Gerakkan kamera Anda selembut mungkin mengikuti gerakan subyek foto. Untuk dukungan tambahan kamera jika Anda menggunakan lensa panjang mungkin Anda dapat menggunakan monopod atau tripod dengan jenis yang dapat berputar.

1/50s - f/11 - 29mm

> Untuk hasil terbaik, Anda mungkin perlu mengatur diri sehingga Anda sejajar dengan jalannya subyek foto (ini akan membantu mendapatkan fokus).

> Jika Anda memiliki kamera dengan setting continues auto focus Anda dapat membiarkan kamera melakukan auto focus untuk Anda dengan menekan setengah tombol shutter(tergantung pada kecepatan  dan apakah dapat bersaing dengan subjek)

> Jika kamera Anda tidak memiliki fitur continues auto focus yang cukup cepat, maka Anda harus menentukan fokus kamera Anda pada tempat Anda akan berakhir melepaskan shutter.

> Setelah menekan shutter tetaplah kamera terus mengikuti subyek foto, walaupun Anda telah mendengar suara shutter melakukan pengambilan foto. Tindakan ini akan menjamin efek blur yang halus dari awal sampai akhir.

Belajar teknik panning dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan tetapi juga dapat membuat Anda frustasi.  Untuk belajar teknik panning dapat mengambil obyek pada keseharian Anda, cukup menuju ke jalan raya terdekat dan Anda akan mendapati sumber belajar teknik panning yang tidak akan pernah habis.

f/5 - 1/80 - 35mm

Juga perlu diingat bahwa itu tidak mungkin subjek utama Anda akan benar – benar tajam dan fokus. Teknik ini adalah tentang mendapatkan subyek yang relatif tajam dibandingkan dengan latar belakangnya. Kaburnya subjek utama Anda akan dapat menambah rasa gerak dalam foto Anda.

selamat belajar memotret subyek bergerak dengan teknik panning.

sumber : www.digital-photography-school.com


Bagikan kepada teman :