Hot News
Home » Fotografi » Tips Foto » Tips Rahasia Membuat Foto Levitasi

Tips Rahasia Membuat Foto Levitasi

Tips Rahasia Membuat Foto Levitasi | Foto Levitasi bukannya genre baru dalam dunia fotografi, pada tahun 1905 sudah ada foto levitasi karya Jacques Henri Lartigue, seperti yang Anda lihat dibawah ini. Foto levitasi adalah sebuah karya foto yang membuat obyek seolah – olah menjadi ringan dan melayang di udara melawan gravitasi tanpa memberikan kesan sedang meloncat. Obyek disini tidaklah harus manusia, tetapi juga dapat berupa benda ataupun binatang yang dapat memperkuat isi foto.


Judul : Cousin “Bichonade” in Flight (1905), Fotografer : Jacques Henri Lartigue

Dalam pembuatan foto levitasi ada 2 cara yaitu :

1. Model meloncat atau berpose pura – pura melayang. Dengan cara ini tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan foto levitasi seperti :

* perhatikan atribut, ekspresi dari model, dan pose dari model, jangan melihatkan kesan sedang melompat.

* dalam foto levitasi, obyek tidak sedang terjatuh, terpental, atau meloncat, tetapi melayang di udara.

* biasanya ketika menggunakan metoda meloncat, sangat sulit menyembunyikan raut wajah seseorang, karena itu sebaiknya tidak menampilkan wajah, berbeda bila Anda mengunakan alat bantu, raut wajah justru dapat dikondisikan sesuai foto levitasi yang ingin dibuat.

* Bila melakukan adegan loncatan, sebaiknya tetap memperhatikan keselamatan, jangan melakukan adegan yang berbahaya, tidak perlu berlari (karena membuat susah juga buat si fotografer dalam memotret), tidak perlu meloncat dari tempat yang tinggi, jangan menggunakan artribut atau kostum yang membahayakan (misalnya pakai high heels), kreativitas dalam foto levitasi jauh lebih penting.

* Anda membutuhkan kecepatan rana (shutter speed) tinggi untuk menghentikan gerakan (freeze) idealnya diatas 1/500 detik, dengan cahaya yang cukup, kamera DSLR jelas lebih unggul dalam hal ini, apabila menggunakan kamera poket, maka Action Mode atau Sport Mode akan sangat membantu.

Inspirasi foto levitasi dari berbagai sumber :

an alternate route by brookeshaden
an alternate route
198 by somewherelovely
198
365/30 – Sugar & Spice by RachelMarieSmith
365/30 - Sugar & Spice
Saying Goodbye by Kristi Frazier
Saying Goodbye
199 by somewherelovely
199

2. Dengan menggunakan alat bantu (foto trik), cara lebih aman dan lebih mudah dilakukan bahkan dengan kamera poket, Anda hanya membutuhkan sedikit sentuhan editing menggunakan aplikasi pengolah foto. Beberapa tips untuk foto levitasi dengan alat bantu :

* Anda membutuhkan tripod, karena Anda akan memotret di lokasi yang sama beberapa kali.

* Tangga atau kursi atau meja bahkan tali dapat menjadi alat bantu untuk membuat obyek berkesan melayang, alat tersebut akan menjadi bagian dari sesi pemotretan Anda.

* Mungkin Anda perlu menggunakan mode manual fokus, untuk mencegah bergesernya fokus kamera sehingga tidak merubah setting foto Anda.

* Mode self timer atau menggunakan remote bisa Anda gunakan bila tidak ada teman yang menjadi model atau Anda ingin bereksperimen sendirian.

* Edit lewat aplikasi pengolah foto, dan keajaiban foto levitasi menjadi milik Anda.

* Lihat contoh sampel dibawah ini, dan terakhir adalah kembangkan kreatifitas Anda.


Referensi foto : tysonrobichaudphotography.wordpress.com

Selamat membuat foto levitasi 🙂


Bagikan kepada teman :

Lazada - Belanja Online Terpercaya Indonesia