Home » Fotografi » Tips Foto » 10 Sumber Inspirasi Meningkatkan Kemampuan Fotografi Anda

10 Sumber Inspirasi Meningkatkan Kemampuan Fotografi Anda

Terkadang ketika Anda sedang mulai belajar memotret ataupun sudah berpengalaman dalam dunia fotografi, dalam perjalanan mencari obyek atau memotret sesuatu seperti kehabisan inspirasi, padahal dalam dunia fotografi, inspirasi memegang peranan cukup penting agar Anda dapat selalu menghasilkan foto – foto yang menarik. Bisa jadi inspirasi datang secara alami, sementara di lain kesempatan Anda seperti blank kehabisan inspirasi, lalu bagaimana cara Anda mendapatkan inspirasi ? apakah harus menunggu ? mari kita lihat 10 sumber inspirasi meningkatkan kemampuan fotografi Anda,

Sebelum lanjut membaca, Anda perlu memahami bahwa untuk mendapatkan inspirasi terkadang Anda perlu meluangkan waktu sejenak untuk membuat Anda berkembang. Membawa kamera lalu keluar rumah begitu saja bisa menjadi usaha yang sia – sia, Anda harus menciptakan atmosfer memotret dalam diri Anda.

1. Membaca buku manual kamera Anda.

Belajar bagaimana menggunakan kamera Anda secara kreatif sangat penting untuk proses fotografi, sehingga dengan mengenal fitur – fiturnya dan pengaturan, seperti aperture dan bagaimana aperture mempengaruhi kedalaman fokus pada frame (depth of field) serta bagaimana menggunakan kecepatan rana (shutter speed), lalu apa kegunaan ISO dalam fotografi digital, dan lain sebagainya.

2. Membaca koran.

Surat kabar biasanya memuat artikel mengenai gaya hidup atau pariwisata dimana banyak tempat menarik untuk dikunjungi, yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi fotografi Anda.

3. Kunjungi pasar tradisional atau pasar loak.

Ada kegiatan yang begitu banyak di pasar, baik itu dipasar tradisional, pasar loak ataupun pasar hewan, berbagai orang melakukan aneka macam aktifitas. Di dalam pasar terdapat pola, tekstur dan juga sesaknya pengunjung atau bahkan keruwetan yang terjadi, banyak hal yang menginspirasi terjadi di pasar.

4. Kunjungi situs online dan melihat foto – foto.

Melalui internet Anda akan menemukan jutaan foto yang akan menginspirasi. Lakukan pencarian pada subyek favorit Anda atau hal – hal menarik seperti tempat wisata, jalanan, ataupun produk – produk terkenal dan melihat bagaimana orang lain telah memotret. Anda dapat mengambil ide – ide tersebut dan mencoba cara yang bagus membuat foto. Jangan menyalinnya, tetapi terinspirasilah untuk menghasilkan foto berkualitas yang sama.

5. Rubahlah sudut memotret Anda.

Memotret tidak harus selalu sambil berdiri sehingga kamera sejajar dengan mata Anda, cobalah untuk mencari sudut – sudut lain, seperti turunkan kamera Anda hingga ke tanah atau naikkan sampai melewati kepala. Anda akan melihat hal – hal yang yang belum pernah dilihat sebelumnya.

6. Baca blog/website khusus fotografi.

Anda akan melihat foto – foto yang bagus dan menarik pada situs – situs yang didedikasikan untuk fotografi. Ada beberapa fotografer berbakat luar biasa di situs tersebut. Mereka menulis tentang cara mereka membuat foto, cara melakukan editing dan berbagai tips trik seputar fotografi yang akan membantu dalam memperbaiki kemampuan fotografi Anda, silahkan juga membaca kumpulan tips fotografi di SemarangKota.com

7. Membeli buku atau majalah fotografi

Melalui media cetak khusus fotografi, Anda akan mendapati banyak review mengenai peralatan – peralatan fotografi, Anda akan diberi tips dan trik yang dapat dipraktekkan langsung, ada banyak foto – foto yang dipilih dan direview sesuai dengan tema yang sedang dibahas. Buku atau majalah fotografi juga sumber inspirasi meningkatkan kemampuan fotografi Anda.

8. Memiliki banyak teman yang juga menyukai fotografi.

Pastikan bahwa Anda berteman dengan fotografer lainnya. Anda dapat melakukan dengan bergabung pada klub fotografi di daerah Anda, atau bergabung dengan komunitas fotografi seperti yang terdapat di kota Semarang, atau Anda juga dapat masuk ke forum – forum fotografi atau komunitas online yang secara khusus membahas sebuah genre fotografi seperti The Readers | Street Photography, di sini Anda akan melihat karya orang lain dan juga dapat menyerahkan pekerjaan Anda sendiri untuk dijadikan bahan pembelajaran.

9. Bereksperimen dengan pengaturan Anda.

Bereksperimen dan bermain – main dengan pengaturan kamera, seperti aperture, shutter speed, iso, zooming. Anda akan menemukan berbagai variasi hasil dari setiap foto, lalu Anda dapat mencoba lagi dan lagi untuk mendapatkan hasil yang semakin baik. Pepatah lama mengatakan bahwa tidak ada yang melahirkan kesuksesan seperti kesuksesan itu sendiri. Hal yang sama berlaku untuk inspirasi.

10. Ambil kursus fotografi atau mengikuti workshop/lokakarya.

Belajar dari pengalaman fotografer terkenal dan guru, akan selalu menjadi inspirasi. Sebuah kelas fotografi akan mengajarkan Anda dasar-dasar memotret, penggunaan peralatan lainnya dan cara mengambil sebuah foto yang berkualitas.

Inilah 10 sumber inspirasi meningkatkan kemampuan fotografi Anda dari sekian banyak sumber. Jika Anda ingin menjadi terinspirasi, maka carilah inspirasi dan biarkan diri Anda berkembang menjadi lebih baik lagi. Inspirasi tidak bisa diburu – buru.

Selamat memotret 😀


Bagikan kepada teman :