Home » Tekno » Website » Tips Meningkatkan Trafik Pengunjung ke Website Anda

Tips Meningkatkan Trafik Pengunjung ke Website Anda

Dunia Internet sudah ngga asing lagi bagi kita saat ini, karena internet sangat membantu kita dalam memaksimalkan yang selama ini kita miliki, bahkan bagi beberapa orang, internet sudah menjadi bagian dari pekerjaan mereka dan mendapatkan income untuk biaya hidup, Internet juga menjadi sumber bagi kita dalam mencari informasi, ibaratnya internet adalah perpustakaan terlengkap didunia.

Di dalam dunia bisnis pun internet memiliki peran penting dalam kemajuan perusahaan, karena dengan internetlah kita membuka peluang baru dan meraih pelanggan – pelanggan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Salah satu cara yang efektif untuk memaksilkan bisnis kita melalui internet adalah dengan memiliki website bisnis. Akan tetapi banyak juga yang sering kali masih belum sadar bahwa website yang sudah kita buat tidak tampil maksimal di search engine seperti google atau yahoo, maupun belum sanggup mendatangkan trafik yang cukup tinggi ke website kita.

saya akan sedikit memberikan tips  agar kita dapat memaksimalkan website bisnis kita dengan mendatangkan trafik pengunjung menuju website :

1. Kartu Nama, yaaa ini kunci pertama kita, siapa sih yang hari gini ngga bawa kartu nama kemana – mana buat disebarin ke orang – orang yang kita temui, nah sekarang ini udah ngga aneh bila di kartunama kita ada alamat website, jadi sudahkah kartunama terbaru Anda terdapat alamat website milik Anda?

2. Posting ke sosial media, saya sering memperhatikan kabar berita/news update dari akun – akun Facebook atau Twitter, berbagai macam update komentar terbaru ada saja mulai dari yang ngga penting sampe ngga jelas juntrungannya, tetapi konsistensinya meng-update status justru sangat patut diacungi jempol, nah kenapa hal yang sama Anda lakukan untuk bisnis Anda? bila Anda sering update status via Facebook atau Twitter, Anda sekalian aja rajin update status mengenai bisnis Anda, terutama mem-posting informasi dari website milik Anda secara regular, misalnya sehari 5x, lebih banyak dari minum obat 🙂

3. Menulis Artikel, apakah website Anda cuma berisi beberapa halaman saja, dan beberapa artikel pendukung ? seperti halaman : utama, tentang kami, produk, dan halaman hubungi kami. Itu saja tidak cukup!, buatlah artikel – artikel yang relevan dengan produk / jasa yang Anda tawarkan, buatlah pengunjung website mendapatkan pengetahuan yang lebih dari mengenai produk/jasa Anda. Semakin banyak artikel yang mendukung produk/jasa Anda, akan membuat website Anda selalu ter-update dengan informasi terbaru dan semakin memperluas kata kunci.

4. Perkuat kata kunci,  informasi dalam website Anda tentunya memiliki kekuatan pada suatu produk atau jasa, nah perkuat dengan menggunakan search engine optimization (SEO), lalu mulailah mengembangkan konten melalui artikel yang saling terkait. Jangan lupa mengenai penggunaan bahasa dalam kata kunci atau keywords, sesuai dengan pasar konsumen yang Anda target. Gunakan saja bahasa Indonesia jika sudah sangat jelas bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan memang untuk pasar Indonesia.

5. Rajin promosi, buatlah stiker, kaos atau jaket yang bertuliskan alamat website Anda, atau dapat juga dengan cara menuliskan link alamat website Anda setiap kali Anda membuat komentar di forum – forum online, atau ketika Anda mengomentari update teman Anda atau Anda juga dapat membayar biaya di suatu media online yang relevan dengan dengan pasar konsumen yang Anda bidik seperti SemarangKota.com, lihat tampilan profil bisnis dari brand produk/jasa Anda disini.

6. Email newsletter, meminta pengunjung website Anda untuk mengisi sebuah form yang intinya mengajak pengunjung mengikuti berita terbaru mengenai informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan, hal ini awalnya terlihat berat, tetapi pasti nantinya akan ada pengunjung yang berminat mengikuti informasi terbaru dari website bisnis Anda.

7. Mempromosikan website orang lain, wah  ini terdengar suatu cara yang menantang prinsip berkompetisi, tetapi bertukar linkback seperti ini terbukti ampuh dan banyak dilakukan oleh beberapa website bisnis lainnya, jika Anda membantu mempromosikan website lain, tidak menutup kemungkinan website lain pun akan mempromosikan website milik Anda.

semoga bermanfaat dan selamat mencoba tips diatas untuk meningkatkan trafik menuju website Anda.

ditulis oleh : Johan Surya


Bagikan kepada teman :