Hot News
Home » Fotografi » Tips Foto » Kesalahan Umum Fotografi Pemula

Kesalahan Umum Fotografi Pemula

Belajar fotografi digital saat ini emang terlihat mudah, cuma seringkali banyak orang lupa mengenai beberapa hal dibawah ini, nah tips kali ini agar Anda dapat terhindar dari kesalahan umum fotografi pemula.

> Tidak membaca buku manual.

> Foto bagus harus pakai peralatan (baca : kamera) yang mahal.

> Tidak melihat foto melalui komputer dan tidak memperhatikan 100% dengan teliti.

> Menghapus foto hanya lewat layar LCD kamera.

> Terlalu sering memotret dengan mode Auto.

> Membeli memori card yang tidak tepat.

> Tidak melakukan riset terlebih dahulu.

Mari dibedah satu – satu, lanjutin bacanya 🙂

> Ngga membaca buku manual.

Ayo pada ngaku 😀 siapa yang baca buku manual kamera sampai tamat ?, harus diakui sangat membosankan banget, cerita didalamnya kering dan sama sekali ngga seperti novel, tapi Anda wajib membacanya biar paham akan setiap fungsi dari kamera yang Anda gunakan.

> Peralatan.

Peralatan Anda sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda, tentunya disesuaikan juga dengan budget Anda. Semua yang mahal sudah pasti lebih bagus, tetapi banyak kamera kompak yang berharga relatif murah juga sudah mumpuni untuk aktifitas fotografi keseharian Anda, kecuali Anda ingin menjadi fotografer pernikahan, atau memotret berlian, maka kamera DSLR seharga 10 juta keatas layak dibawa pulang.

> Menghapus foto hanya lewat layar LCD kamera.

Ini jaman digital, daya tampung file foto pada sebuah memory card sebesar 4GB sanggup menyimpan lebih dari 200 foto, ngga perlu terburu – buru menghapus sebuah file foto hanya berdasarkan pengelihatan Anda di layar LCD ukuran 3 inch. Untuk memastikan sebuah foto, lebih baik gunakan layar komputer atau gunakan software grafis seperti Photoshop dan perhatikan dengan detail foto Anda sebelum memutuskan menghapus foto.

> Eksplorasi Pilihan Mode.

Kamera digital sudah pinter, ngapain repot mikir, biar saja kamera yang mikir, setting mode Auto, pencet shutter, jadi deh foto – foto bagus., stooop! jangan terusin. Sekarang ini kamera digital sudah hadir dengan berbagai fitur – fitur pilihan, eksplorasi semua mode tersebut, agar Anda mengetahui fungsi dan tujuannya, gunakan fitur – fitur tersebut untuk menggugah kreatifitas dan imajinasi Anda dalam fotografi.

> Perbesar Daya Tampung.

Fotografi digital memberikan Anda kebebasan memotret sepuasnya, sampai baterai habis, sampai kartu memori Anda penuh, jadi jangan sampai Anda tidak puas memotret. Pastikan Anda mencari kamera yang irit energi, atau bawa baterai cadangan. Tingkatkan pula memory card kamera Anda, biasanya pada paket penjualan kamera ada yang sudah memberi kartu memori gratis 2 GB atau mungkin tanpa kartu memori, sangat disarankan Anda meningkatkannya menjadi 4 GB, agar Anda puas memotret.

> Riset, riset, riset.

Sebelum membeli peralatan (baca: kamera), jangan terpaku pada keinginan dan pengetahuan Anda, buka wawasan, berkelilinglah di internet, menjelajah website – website yang memberikan review kamera, atau bertanyalah pada beberapa teman yang telah berpengalaman menggunakan kamera, sehingga Anda tidak salah membeli kamera.

Semoga tips diatas dapat menghindarkan Anda dari kesalahan umum fotografi pemula, dan selamat memotret 😀


Bagikan kepada teman :

Koleksi Taobao Resmi di Lazada