Home » Heritage » Heritage Semarang » Rumah Setan Yang Terkenal di Semarang

Rumah Setan Yang Terkenal di Semarang

Pada zaman Hindia-Belanda terdapat kepercayaan atau faham yang mempunyai banyak pengikut, yaitu “Vrijemetselarij”. Tempat ibadahnya disebut “La Constante Et Fidele”. Para pemeluk faham itu mempunyai kebiasaan yang tidak dilakukan oleh pemeluk agama lain. Dalam pelaksanaan ritual, mereka biasa memanggil roh – roh untuk diajak berkomunikasi di loji ritual mereka, tidak di alam terbuka.

Kaum “Vrijmetselarij” terdapat di banyak tempat di wilayah Hindia Belanda, termasuk di kota Semarang. Tempat ritual mereka di kota Semarang berada di sebuah bangunan megah,  yang berdiri di Jalan Poncol (Imam Bonjol) dekat  perempatan Pendrikan dan Karang Tengah (Jl. Pierre Tendean). Di sebelah selatan gedung tersebut terdapat rel kereta api dari arah Jl. Bojong (Jl. Pemuda) lewat Jl. Karang Tengah menuju tempat langsir di Pendrikan dan terus ke pelabuhan.

Karena sifat faham dan cara ritual itu, loji “Le Cnstante Et Fidele” oleh masyarakat Semarang dinamakan “Rumah Setan”. Sayangnya bangunan yang megah dan artistik itu kini sudah tak berbekas, karena telah dibongkar pada tahun 1976.

Foto : Heroe Abimanyu.
Referensi : Tulisan di Welcome to Semarang on Facebook.


Bagikan kepada teman :