Hot News
Home » Fotografi » Tips Foto » Tips Menjadi Fotografer Pernikahan

Tips Menjadi Fotografer Pernikahan

Beberapa orang merasa bahwa foto pernikahan hanya urusan kegembiraan, bawa kamera, jepret sana, jepret sini, lakukan saja dan karena mereka hanya melakukannya untuk keluarga atau teman. Lain halnya jika foto pernikahan dijadikan sebagai urusan fotografi profesional, foto pernikahan kadang dapat menjadi urusan yang  sulit untuk mengambil moment karena ada kesibukan serta berbagai kondisi pencahayaan, belum lagi berurusan dengan pasangan pengantin yang sedang gugup karena ingin segalanya menjadi sempurna.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menjadi seorang fotografer pernikahan :

Jika Anda ingin menjadi fotografer pernikahan, persiapan menjelang hari H Pernikahan adalah penting. Banyak yang menyarankan Anda menyiapkan dua bulan ke depan. Untuk memulai persiapan, Anda harus mengenal kedua mempelai, mencatat semua kebutuhan dan keinginan dari Mempelai. Cara ini dapat dilakukan dengan meminta mereka menjawab pertanyaan – pertanyaan berikut ini :

1. Berapa banyak saudara atau teman yang mungkin juga akan menjadi fotografer dadakan di pesta pernikahan.

2. Apakah para tamu terdiri dari sebagian besar keluarga atau, apakah ada akan menjadi campuran dari keluarga dan teman-teman?

3. Tempat resepsi pernikahan yang akan digunakan? Apakah pernikahan berada di Gedung pertemuan, Gereja atau di halaman terbuka ?

4. Apa jenis foto yang Anda inginkan? Apakah Anda ingin potret kelompok formal atau Anda ingin gambar yang natural dan apa adanya? Ini merupakan pertanyaan yang sangat penting. Pastikan bahwa Anda memahami apa jenis foto pengantin yang diinginkan oleh mempelai berdua. Minta mereka untuk menjelaskan beberapa foto pernikahan favorit yang telah mereka lihat. Ini akan memberi Anda gambaran mengenai foto pernikahan apa yang mereka miliki dalam pikiran.

Pertanyaan seperti diatas akan membantu Anda memahami persyaratan dari foto pernikahan yang akan terjadi, dan pada gilirannya, memungkinkan Anda untuk mengambil foto -foto pernikahan yang lebih baik.

Pelajari Lokasi Acara Pernikahan.

Setiap lokasi memiliki karakter cahaya yang berbeda, sudut pengambilan foto yang berbeda, Anda perlu mendatangi tempat resepsi pernikahan untuk mengetahui kondisi lingkungan, memeriksa dekorasi, dimana sudut terbaik untuk mendapatkan foto, bagaimana pengaturan tempat duduk tamu, jangan sampai Anda kehilangan moment acara pernikahan gara – gara Anda tidak siap mengantisipasi kondisi lingkungan dari tempat acara pernikahan dilangsungkan, karena ketika di hari H, bukan saatnya untuk Anda belajar mengkondisikan diri Anda.

Persiapan Peralatan Kamera Anda.

Mengorganisir peralatan yang Anda perlukan untuk mengambil foto pernikahan merupakan langkah penting. Anda harus siap dengan segala kondisi yang mungkin terjadi terhadap peralatan kamera Anda, beberapa diantaranya :

1. Kamera DSLR. Anda juga harus memiliki kamera satu lagi untuk cadangan.

2. Variasi lensa dan filter.

3. Tripod, Hal ini penting untuk mengambil gambar dalam ruangan dalam kondisi pencahayaan rendah.

4. Kartu memori, memiliki beberapa kartu memori dengan beberapa kapasitas untuk mengamankan data foto.

5. Harddisk eksternal, alat ini penting untuk dibawa, seandainya Anda harus kehabisan ruang pada kartu memori.

6. Pastikan baterai telah diisi penuh dan Anda memiliki baterai cadangan.

7. Asisten, dia bertugas membantu membawakan peralatan Anda, mengatur pada saat sesi pemotretan, sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada acara pernikahan.

Hari H Pernikahan.

Sekarang, hari pernikahan telah tiba, dan ada banyak kegembiraan, ada beberapa urutan peristiwa penting yang akan terjadi, misalnya :

1. Persiapan pengantin, Anda harus datang sebelum semuanya dimulai , siapkan semua peralatan dan posisi Anda sebagai fotografer.

2. Saat mengambil foto di tempat ibadah, perhatikan tempat Imam berdiri dan pasangan akan berdiri dan posisi diri Anda sendiri agar dapat mengambil foto yang dibutuhkan dan tidak mengganggu moment sakral tersebut.

3. Ketika saatnya untuk acara resepsi pernikahan, datanglah ke lokasi pesta pernikahan lebih awal, siapkan semua peralatan, akan ada banyak kesempatan dan detail dekorasi pernikahan yang perlu Anda ambil fotonya dan inilah saatnya mengambil moment penuh kebahagiaan dan menyenangkan dari mempelai berdua.

4. Ketika mengambil foto formal, miliki seorang asisten untuk membantu Anda dalam mengatur posisi orang berfoto. Mulailah dengan kelompok-kelompok besar dan kemudian pada kelompok yang lebih kecil, menghapus anggota keluarga sehingga Anda bisa mendapatkan beragam orang.

Biaya Jasa Fotografi Anda.

Hal ini umum sekarang untuk meng-upload semua foto ke sosial media seperti Facebook sehingga pasangan dapat memilih mana dan berapa banyak foto yang mereka ingin mengedit dan dicetak. Anda harus tahu informasi ini sehingga Anda tahu berapa banyak biaya mereka untuk jumlah foto yang telah mereka pilih kecuali sebuah kesepakatan telah dicapai sebelumnya. Bahkan jika sebuah kesepakatan telah dibuat, begitu mereka melihat foto – foto, mereka mungkin ingin lebih banyak dari yang disepakati dan Anda mungkin harus menetapkan tambahan biaya dari jumlah yang telah disepakati diawal.

Setelah pasangan itu memilih foto yang mereka inginkan, membersihkan dan mengedit foto adalah penting karena Anda ingin mereka menjadi sesempurna mungkin dan menjadi menyenangkan bagi mereka.

Menjadi fotografer pernikahan dapat menjadi sebuah tantangan, hal itu juga dapat bermanfaat bagi Anda karena telah memainkan bagian penting dalam membantu pasangan pengantin mengabadikan kenangan berharga mereka sekali seumur hidup.

oleh : SemarangWedding.com


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017