Home » Tekno » Facebook » Tips Menggunakan Fitur Wawasan pada Admin Panel Halaman di Facebook

Tips Menggunakan Fitur Wawasan pada Admin Panel Halaman di Facebook

Pada artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai Penampilan Baru Panel Admin Dari Facebook Page yang lebih dinamis dan lebih nyaman untuk kita melakukan analisa terhadap aktifitas di halaman milik kita.

Kali ini kita akan membahas salah satu fitur penting yaitu Wawasan (Insights), dimana melalui fitur ini Anda dapat melakukan analisa dari seluruh aktifitas yang terjadi pada halaman yang Anda buat di Facebook. Mari kita bedah satu persatu fungsi yang terdapat pada fitur Wawasan (Insights).

Ketika Anda mengakses halaman Anda, maka di bagian paling atas terdapat Panel Admin, silahkan Anda melihat panel Wawasan (Insights) lalu klik Lihat Semua.

Panel Utama Wawasan.

Anda akan dibawa menuju sebuah panel utama yang memiliki penampilan seperti gambar dibawah ini, dimana terdapat 4 Panel Utama yaitu Sekilas, Suka, Jangkauan, Membicarakan Ini.

1. Panel Sekilas : merupakan panel yang berisikan rangkuman dari seluruh aktifitas halaman, berikut penjelasannnya :

  • Total Suka : jumlah orang yang menyukai halaman milik Anda.
  • Teman dari Penggemar : jumlah total teman dari orang yang menyukai halaman milik Anda.
  • Orang yang membicarakan ini : jumlah orang yang membicarakan halaman Anda, termasuk didalam ini adalah aktifitas : ada yang menyukai halaman Anda, mengirim ke dinding halaman Anda, menyukai, memberikan komentar, berbagi salah satu dari kiriman halaman Anda, menjawab pertanyaan yang dibuat di halaman, menanggapi acara, menyebut halaman milik Anda, menandai halaman Anda di foto mereka, mendaftar masuk ke tempat Anda, atau menyarankan tempat Anda.
  • Total Jangkauan Mingguan : jumlah orang yang melihat konten mengenai halaman Anda selama 7 hari terakhir. Jumlah ini juga termasuk iklan dan berita bersponsor mengenai halaman Anda.

Anda juga disuguhkan informasi dalam bentuk grafik line untuk mengetahui naik turunnya trafik di halaman Anda, gelembung dibawah menunjukkan jumlah kiriman dari Anda di halaman Anda setiap harinya.

Anda dapat menganalisa hasil dari update di halaman Anda secara spesifik yang dibagi oleh Facebook pada kategori : Kiriman, Foto, Tautan/link website, Video, Kiriman Platform/aplikasi lain, Pertanyaan. Disini Anda dapat melihat statistiknya untuk 28 hari pertama dihitung sejak tanggal update kiriman Anda.

  • Jangkauan : jumlah orang yang melihat jenis kiriman Anda.
  • Pengguna yang terlibat : jumlah orang yang berinteraksi dengan kiriman Anda.
  • Membicarakan ini : jumlah orang yang menciptakan berita dari kiriman Anda, termasuk aktifitas menyukai, komentar dan membagi kiriman Anda.
  • Viralitas : persentase jumlah orang yang membicarakan mengenai kiriman Anda dibanding dengan total jumlah orang yang melihat kiriman Anda.

2. Panel Suka : pada panel ini Anda akan mengetahui data : jenis kelamin, usia, negara, kota, bahasa (berdasarkan setting default bahasa), jumlah pertambahan orang yang menyukai halaman, dan membatalkan menyukai halaman Anda, serta sumber dari mana orang menyukai halaman Anda. Anda juga dapat melihat statistiknya dengan menentukan tanggal yang ingin Anda lihat.

3. Panel Jangkauan : berisikan data analisa mengenai sejauh mana halaman Anda menjangkau orang – orang sehingga mereka dapat melihat halaman Anda.

Pada gambar dibawah ini adalah persentase demografi dan lokasi, Anda dapat melihat persentase : jenis kelamin, usia, lokasi negara, kota dan bahasa dari orang – orang yang melihat konten halaman Anda.

4. Panel Membicarakan Ini : berisikan data analisa mengenai orang – orang yang terlibat dengan halaman Anda berdasarkan demografi dan lokasi. Data yang ditampilkan berdasarkan : jenis kelamin, usia, negara, kota dan bahasa.

Ditampilkan juga analisa dalam 7 hari terakhir dari jumlah orang yang membicarakan halaman Anda dalam bentuk grafik line sehingga Anda dapat mengetahui trafik pergerakan pengunjung halaman Anda, sementara dari data Jangkauan Viral, Anda dapat mengetahui berapa jumlah orang yang mengetahui halaman Anda dari jumlah orang yang membicarakan halaman Anda.

Dengan mengunakan fitur wawasan (insights) pada admin panel halaman di facebook, maka Anda dapat melakukan analisa untuk meningkatkan dampak pemasaran dari halaman Anda dan merancang strategi marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

semoga bermanfaat 😀

ditulis oleh : Johan Surya


Bagikan kepada teman :