Hot News
Home » Tekno » Facebook » Berlangganan Informasi Tanpa Perlu Menjadi Teman Di Facebook

Berlangganan Informasi Tanpa Perlu Menjadi Teman Di Facebook

Berlangganan Informasi Tanpa Perlu Menjadi Teman Di Facebook | Tombol berlangganan seperti tampilan diatas adalah salah satu fitur pada akun profil di Facebook, yang fungsinya adalah Anda sebagai pemilik akun mengijinkan orang lain untuk mengikuti informasi dari update status Anda yang bersifat publik dan mengomentari update status Anda, tanpa perlu menjadi teman Anda.

Keuntungan dari fitur Subscribe/Berlangganan ini.

Facebook menyediakan fitur berlangganan informasi dari akun profil pribadi, karena Facebook mengetahui bahwa ada orang – orang yang ingin mengikuti informasi dari seseorang tanpa ingin berteman dengan yang bersangkutan.

Misalnya :

1. X berlangganan informasi dari Y, karena hanya berstatus langganan (subscriber) maka ketika Y mau melihat profil X (apabila X men-setting akunnya tertutup) maka Y tidak dapat melihat informasi apapun dari milik X (kecuali menjadi teman dengan X).

2. X hanya dapat mengikuti informasi update dari Y, yang oleh Y informasi tersebut di-setting untuk umum (public), apabila Y men-setting update statusnya untuk teman – teman Y maka X tidak dapat melihat informasi tersebut.

Fitur Subscribe/Berlangganan sangat cocok diaplikasikan bagi Anda yang ingin memiliki audiens/pembaca lebih banyak, sehingga setiap informasi yang ingin Anda bagikan secara umum dapat dilihat oleh mereka, tetapi Anda juga masih dapat membatasi update status tertentu yang hanya dapat dilihat oleh teman – teman Anda.

Apabila fitur ini sudah Anda aktifkan, selanjutnya yang perlu Anda bedakan ketika update status adalah men-setting update status Anda, lihat gambar disamping, sebelum Anda meng-klik Post, Anda dapat memilih posting Anda akan dilihat oleh siapa saja, Public (maka semua dapat melihat update Anda termasuk subscriber/pelanggan Anda).

Anda juga dapat men-setting update status Anda hanya dapat dilihat oleh teman – teman tertentu yang sudah Anda kategorikan secara terpisah pada list teman. Cara meng-update status ini juga dapat dilakukan pada Facebook versi mobile pada gadget Anda.

Berikut langkah – langkah mengaktifkan fitur Subscriber/Berlangganan :

> login Facebook, lalu ke Account Settings/Pengaturan Akun.

> pilih Subscribers/Pelanggan.

> aktifkan centang Allow subscribers/Izinkan Pelanggan, setelah aktif maka para pelanggan akan menerima kiriman publik Anda dan tidak akan ditambahkan sebagai teman. Anda dapat melakukan percakapan yang lebih luas mengenai topik umum dan berbagi status pribadi untuk teman saja.

> lanjutkan dengan melakukan setting pada :

  • Subscriber Comments/Komentar Pelanggan, siapa yang dapat mengomentari kiriman publik Anda ?
  • Subscriber Notifications/Pemberitahuan Pelanggan, Anda ingin diberi tahu tentang langganan dan komentar siapa?

ditulis oleh : Johan Surya


Bagikan kepada teman :