Hot News
Home » Tekno » Facebook » 7 Alasan Kenapa Harus Memiliki Halaman di Facebook Untuk Bisnis Anda

7 Alasan Kenapa Harus Memiliki Halaman di Facebook Untuk Bisnis Anda

Facebook, hanya dalam beberapa tahun saja, benar – benar telah mengubah cara manusia berkomunikasi dalam skala besar. Kekuatan sosial media  untuk menghasilkan perubahan revolusioner di dunia nyata.

Tidak diragukan lagi bahwa sosial media seperti Facebook dan yang lainnya akan tetap bertahan, dan akan terus membuat perubahan mendasar pada cara kita berinteraksi dengan sesama kita pada berbagai tingkatan.

Pemasaran Melalui Facebook Apakah Penting ?

Siapa sih yang hari gini belum punya akun di Facebook ? 😀 , rasanya semua yang pernah menggunakan internet pasti punya akun di Facebook. Sekarang ini punya Facebook sama pentingnya dengan memiliki hape, kartu nama dan nomor telepon. Namun cara kita menyatakan kehadiran kita melalui Facebook inilah yang seharusnya menjadi pertanyaan buat kita semua, terutama bagi saya dan Anda yang ingin memasarkan produk dan jasa secara efektif melalui Facebook.

Ada apa dengan akun Profil sebagai akun bisnis Anda ?

Langkah pertama untuk menyatakan kehadiran kita di Facebook adalah dengan membuat akun profil pribadi, dimana segala sesuatunya dapat ditunjukkan didalam jaringan sosial Anda. Banyak dari (barangkali) Anda dan usaha kecil yang mulai memasarkan bisnis yang berupa produk ataupun jasa profesional melalui akun profil pribadi di Facebook. Walaupun sebenarnya menggunakan akun profil pribadi telah melanggar terms of service dari Facebook, tetapi siapa yang mampu mengurus dan mengatasi pelanggaran begitu banyak pada akun Facebook.

Meskipun jelas menggunakan profil pribadi Anda untuk tujuan bisnis lebih mudah melakukannya, tetapi ada beberapa masalah yang ditimbulkan.

1. Menggunakan akun profil pribadi di Facebook mengharuskan kita untuk menjadi “teman” dengan mereka (calon konsumen Anda) atau siapapun yang menjadi target pasar Anda. Implikasi dan arti dari kata “teman di Facebook” merupakan istilah yang dapat memberikan arti yang berbeda untuk orang yang berbeda. Ada beberapa orang yang tidak mau menjadi teman untuk bisnis. “Teman” merupakan hubungan yang kuat bagi beberapa orang apalagi untuk koneksi bisnis.

Sebaliknya, tindakan menjadi “penggemar” dari halaman bisnis di facebook (Page on Facebook) pada umumnya kurang mengancam bagi pengguna, hubungan sebagai “penggemar” tidak bersifat privat daripada menjadi “teman”. Lebih jauh lagi ke dalam, jika mereka (calon konsumen Anda) ingin keluar dari hubungan “penggemar” mereka cukup merubah status dengan meng-klik tombol “Unlike” atau “Tidak Suka”, jauh lebih mudah daripada memutuskan untuk “Unfriend” atau “Membatalkan Pertemanan”

2. Ada batas maksimal 5000 teman untuk profil pribadi di Facebook, yang berarti bahwa kita terbatas untuk berinteraksi dengan hanya sejumlah orang. Sementara 5000 mungkin tampak seperti sudah banyak pada awalnya, tetapi karena merasa kurang banyak akhirnya Anda membuat akun profil pribadi dengan nomer seri 1,2,3, dan seterusnya (saya pernah menemukan sampai 7 seri), dan berlanjut pada kerepotan baru mengelola banyak akun pribadi yang akhirnya Anda sendiri lelah mengurus banyak akun, cara seperti ini berpotensi di blokir oleh Facebook (tentunya kalau ketahuan). Sementara itu disisi lain Halaman di Facebook tidak memiliki batasan jumlah penggemar yang boleh dimiliki, silahkan baca artikel mengenai perbedaan akun profil pribadi dan halaman di Facebook.

3. Mengupdate status melalui akun profil pribadi ke teman Anda memiliki kesempatan besar tidak terlihat, karena disaat bersamaan teman – teman dari teman Anda pun mengupdate status mereka, sehingga sulit bagi Anda mempertahankan status terbaru Anda dibaca oleh teman – teman Anda. Melalui halaman penggemar Anda dapat melakukan berbagai kustomisasi dari berbagai aplikasi marketing khusus yang dapat digunakan di halaman Anda.

4. Akhirnya, Anda harus menjaga keluarga & teman pribadi Anda terpisah dari klien dan rekan bisnis lainnya. Sementara Anda dapat melakukan beberapa hal ini melalui penggunaan daftar teman, ini bisa menjadi rumit dan rentan terhadap kesalahan manusia.

Dengan halaman bisnis, fans Anda adalah penggemar, bahkan jika beberapa dari mereka kebetulan menjadi teman dan keluarga. Selama Anda mempertahankan praktek yang baik selalu posting dan memperbarui halaman Facebook Anda secara profesional, update bisnis Anda akan relevan bagi siapa saja yang “suka” dengan halaman bisnis Anda..

5. Selain posting link sederhana, memasaran akun profil pribadi di luar Facebook, misalnya di website atau blog, tidak dimungkinkan. Tidak ada plugin sosial (sejauh yang saya tahu) yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengintegrasikan akun profil pribadi pada Facebook ke situs eksternal.

Berbeda dengan halaman di Facebook, karena ada fitur – fitur yang telah disiapkan oleh Facebook agar Anda dapat menampilkan Menampilkan Halaman Dari Facebook Ke Website Anda dengan mudah dan cara ini dapat menjangkau pasar lebih luas serta meningkatkan brand dari usaha Anda.

6.Anda tidak dapat mengukur kinerja posting / update status Anda melalui akun profil pribadi, karena memang bukan itu ditujukan untuk bisnis, sementara dengan menggunakan halaman bisnis, Anda memiliki panel Admin yang disiapkan oleh Facebook untuk mengetahui perkembangan dan melakukan analisa terhadap halaman bisnis Anda. Apalagi sekarang ini Facebook telah melakukan perubahan dengan Penampilan Baru Panel Admin yang lebih baik dan nyaman untuk Anda melakukan analisa pengguna dalam berinteraksi dan terlibat dengan konten yang Anda tampilkan.

7. Mesin pencari (searchengine) meng-indeks dengan baik halaman bisnis di facebook. sehingga lalu lintas menuju halaman bisnis dan website Anda (jika punya) akan sangat membantu Anda dalam memasarkan bisnis Anda, dan hasil indeks dari halaman di Facebook cukup baik dilakukan oleh mesin pencari seperti google atau yahoo.

JADI segeralah membuat halaman bisnis anda hari ini di Facebook!

Saatnya melihat lebih jelas : Jika Anda ingin memiliki bisnis serta mendapatkan upaya yang terbaik dari Facebook dalam membantu Anda memasarkan produk dan jasa yang Anda tawarkan dengan benar, maka solusinya manfaatkan Halaman di Facebook.

ditulis oleh : Johan Surya


Bagikan kepada teman :