Hot News
Home » Heritage » Kuno Kini » Dahulu Ada, Kini Tergantikan Bangunan Baru di Semarang

Dahulu Ada, Kini Tergantikan Bangunan Baru di Semarang

Dulu : Bioskop yang terkenal dengan nama Bioskop Murni.
Sekarang : menjadi pusat pertokoan ruko Gajah Mada (jalan GajahMada)

Dulu : gedung ini di kenal sebagai Gedung Harmoni (Gris) (1915-1930), dahulu Societ de Harmonie merupakan tempat Meneer2 dan Mevrof2 kalangan atas untuk hangout, sempat menjadi gedung kesenian jawa, di bagian belakang gedung Gris ini dulunya ada gedung wayang orang Ngesti Pandawa pernah jaya di era 1970-80an, sekarang pindah di TBRS (Taman Budaya Raden Saleh).
Sekarang : menjadi pusat perbelanjaan Paragon Mall dan Hotel Crowne Plaza (jalan Pemuda)

Dulu : Kantor Gubernur lama (mungkin, masih belum jelas gedung ini difungsikan sebagai apa, sebelum akhirnya menjadi Gedung Berlian), pada jaman pemerintahan Hindia Belanda dulunya bernama jalan “Oey Tiong Ham Weg
Sekarang : menjadi Kantor Gubernur kota Semarang (dikenal dengan sebutan Gedung Berlian, dibangun pada tahun 1970-an di-era Gubernur Muladi), sekarang bernama jalan Pahlawan. Setiap hari minggu jalan Pahlawan dijadikan kawasan Car Free Day di Semarang.

Dulu : Luna Theater Djomblang.
Sekarang : menjadi pusat pertokoan MetroPlaza – ini perempatan antara jalan MT.Haryono – jalan lampersari – jalan Sriwijaya.

Dulu : Rumah Setan (Vrijmetselaars-Loge) dibongkar tahun 1976.
Sekarang : menjadi pusat pertokoan ruko, ini adalah perempatan jalan Imam Bonjol – jalan Pierre Tendean – jalan Indraprasta.

Foto lama : dari berbagai sumber.
Foto baru : Heroe Abimanyu –  OASE (‘Oude Stad’ Art and Culture) Semarang.


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017