Hot News
Home » Tekno » Facebook » PinView Merubah Tampilan Timeline Facebook Ala Pinterest

PinView Merubah Tampilan Timeline Facebook Ala Pinterest

Beberapa waktu lalu ketika membaca di mashable.com saya menemukan berita mengenai aplikasi facebook yang menarik. Aplikasi ini menawarkan penampilan ala situs jejaring sosial media Pinterest ke dalam timeline Facebook.

Dikatakan aplikasi ini akan memberikan penampilan khas Pinterest dengan kotak – kotak display informasi dari profile Anda sendiri, kabar berita (news feed), foto profil teman Anda,  koleksi foto dan video. Aplikasi Facebook ini bernama PINVIEW

Lalu saya mencoba aplikasi PinView yang menggunakan jargon “Browse Facebook Like You Browse Pinterest” ini melalui akun facebook saya, dan ini beberapa hasil dari iseng – iseng mencoba aplikasi PinView yang kehadirannya masih dalam versi beta.

Seperti biasa ketika kita akan menggunakan aplikasi PinView ini maka kita akan ditanya apakah kita mengijinkan aplikasi ini mengakses data kita, setelah diijinkan maka kita akan dibawa pada penampilan dari aplikasi ini tetapi isinya sudah berdasarkan kabar berita (news feed) dari teman – teman kita. (gambar diatas)

Ada 5 bagian utama yang ditawarkan aplikasi PinView ini yaitu : kabarberita, timeline dari facebook Anda sendiri, foto profil dari teman – teman Anda, timeline dari foto – foto yang di-upload oleh teman Anda, serta video.

Opsi pertama kali yang saya coba adalah melihat timeline dari akun facebook milik saya sendiri, tampil seperti apa sih? silahkan melihat gambar dibawah ini, ternyata untuk timeline yang disukai oleh teman Anda maupun oleh saya sendiri diberi tanda badge Like berwarna orange, ketika saya mencoba mengarahkan kursor ke salah satu informasi maka akan ditampilkan tombol Like | Share | Comment yang dapat saya pilih, dan ketika saya meng-klik salah satu informasi di timeline maka akan tampil lightbox baru yang lebih besar yang isinya lebih memperjelas mengenai timeline saya tersebut.

Ada beberapa hal yang menarik menurut saya dari penggunaan aplikasi PinView ini yaitu :

> Fitur timeline foto – foto yang di-upload oleh teman Anda. fitur ini memberikan kelebihan yang tidak ada di timeline Facebook biasanya, karena fitur yang satu ini benar – benar mensortir informasi khusus mengenai foto, sehingga ketika Anda memilih timeline foto, maka seluruh foto – foto yang di-upload oleh teman Anda akan tampil dan juga menampilkan foto dari halaman penggemar yang Anda sukai. Sayangnya ketika saya coba men-scroll sampai batas mana foto yang ditampilkan, ternyata ada batasannya, sehingga Anda tidak dapat melihat dalam jumlah yang banyak seperti facebook yang terus menerus dapat di-scroll turun kebawah untuk mencari informasi yang sudah ditampilkan.

> Hal yang sama juga terjadi untuk fitur sortir Video yang di-share oleh teman – teman Anda melalui timeline facebook.

kemudian setelah saya mencoba kelima opsi utama tadi, saya mencoba mengakses informasi dari halaman penggemar yang tampil di aplikasi Pinview, ternyata hasil dari tampilannya maupun caranya sama persis dengan timeline profil.

Dari hasil merasakan menggunakan aplikasi PinView ini di facebook, beberapa hal yang saya rasakan cukup menganggu adalah loading foto dan video yang terasa lebih berat dan mungkin penampilannya terkesan jadi kurang rapi karena besar kecilnya kotak – kotak tersbut sangat tergantung dari informasi dan foto yang ditampilkan, tetapi bila Kita sudah familiar dengan situs jejaring sosial media Pinterest, maka penampilan ini terasa biasa dan menyenangkan.

Selanjutnya silahkan mencoba sendiri 😀

ditulis oleh : Johan Surya


Bagikan kepada teman :

Koleksi Taobao Resmi di Lazada