Hot News
Home » Fotografi » Tips Foto » Manfaatkan Warna Secara Maksimal di Fotografi Digital

Manfaatkan Warna Secara Maksimal di Fotografi Digital

Fotografi Digital memang fantastik, tanpa batas, menciptakan banyak peluang tampil artistik. Jika Anda seorang yang sedang mendalami seni fotografi dengan kamera DSLR dan sudah belajar memanfaatkan kekuatan kamera Anda dari sisi teknik seperti Aperture, Shutter Speed dan ISO, sekarang saatnya mengasah kemampuan artistik dan pengetahuan, karena fotografi digital jika diterapkan dengan artistik akan membuka pintu kreativitas Anda pada foto – foto selanjutnya.

Semua suka dengan warna demikian juga Anda menyukai warna, karena itu jika Anda sedang belajar fotografi digital maka mulailah belajar bermain dengan warna dalam karya fotografi, karena warna dapat bekerja menciptakan perasaan yang berbeda dan dapat menampilkan emosi dalam foto itu sendiri.

Warna hijau, biru, ungu merupakan warna – warna individual atau bahasa kepribadian disebut introvert, warna tersebut bersifat tertutup, bila warna tersebut tampil, maka kehadirannya sangat menarik perhatian, dan nuansa yang dihasilkan akan berbeda dibandingkan warna merah dan kuning.

Warna merah, kuning dan merah muda menghasilkan perasaaan yang energik dan bersemangat, maka pikirkan perasaan dari setiap warna dalam fotografi digital Anda.

Warna juga menjadi alasan bahwa tidak semua terlihat bagus dalam warna hitam dan putih, tetapi kenyataannya ada beberapa hal yang justru terlihat bagus dalam warna hitam dan putih, tapi saya tidak bahas mengenai hitam dan putih.

Perasaan dan emosi yang ingin ditampilkan dalam sebuah foto tergantung dari warna yang ditampilkan, karena itu ketika melakukan fotografi digital, pikirkan tentang warna yang ingin Anda ciptakan di foto Anda. Cobalah membuat foto digital yang memiliki warna yang terlihat baik bersama-sama.

Jika Anda ingin warna beraniĀ  dalam fotografi digital, tidak sesak dengan warna – warna berani terlalu banyak. Dalam fotografi digital ini akan menghasilkan doto yang lebih baik jika Anda memiliki subjek utama yang memiliki warna berani, daripada banyak sudut warna berani di latar belakang, misalnya seperti foto disamping ini (seandainya si model menggunakan gaun warna merah atau hitam, pasti deh dia akan kalah warna dengan mobilnya)

Fotografi digital adalah tentang menciptakan perasaan. Dan bekerja sama dengan warna maka akan dihasilkan fotografi yang meningkatkan kualitas foto Anda.

ditulis oleh : Johan Surya – koleksi foto : Dodi Heru


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017