Hot News
Home » Artikel » Artikel Menarik » 7 Strategi Awal dalam Membangun Bisnis Online

7 Strategi Awal dalam Membangun Bisnis Online

Walaupun dapat dimulai nyaris tanpa modal, tapi setiap bisnis selalu mempunyai dana operasional. Tanpa sebuah strategi yang berkelanjutan, tantangan seperti ini dapat membawa pemilik bisnis kepada statistik yang tidak diharapkan yaitu 9 dari 10 bisnis online akan mengalami kegagalan (berdasarkan data dari tad-resource.com).

Jadi apa kunci kesuksesan dalam menyiapkan strategi membangun bisnis online ? Berikut ini ada 7 strategi awal membangun bisnis online

Pahami penggunaan nama di internet
Dalam dunia online, kita membutuhkan hubungan yang solid antara nama domain dengan nama produk, merek, atau bisnis. Selain itu, kita harus menggunakan nama tersebut secara konsisten dalam jaringan sosial media yang kita gunakan seperti Twitter, Facebook, dan sebagainya.

Konten adalah raja
Memiliki sebuah website adalah sebuah kebutuhan, tapi punya saja tidak cukup. Website kita harus memiliki konten lebih banyak dan lebih baik daripada kompetitor. Konten digital mencakup teks, grafik, suara, dan video. Konten yang bermanfaat dan berdaya guna bagi orang lain akan mendapatkan perhatian dari para pembaca dan membuat momentum akan terus berkembang.

Waspada terhadap pemasaran gratis dan murah
Pemasaran membutuhkan konten dan tidak ada yang gratis. Aktivitas media sosial membutuhkan usaha profesional dan waktu. Jadi, berhati-hatilah dengan biaya – biaya yang tersembunyi. Usaha yang gratisan biasanya akan sia-sia. Konten yang tidak diperbarui dapat kehilangan nilainya dengan cepat. Perkirakan biaya terhadap nilai dengan menggunakan perangkat analitik dan pengukuran.

Halaman situs harus ditemukan dan disukai oleh mesin pencari
Mesin pencari, misalnya Google, masih menjadi metode utama untuk menemukan informasi di internet. Jika situs kita tidak teroptimalisasi untuk mesin pencari, maka semua konten online dan usaha pemasaran akan menjadi sia – sia.¬† Kita menggunakan “paid search” untuk mengatasinya, tapi strategi seperti ini tidak akan bertahan lama.

Libatkan audiens dengan media sosial
Jejaring sosial media tidak hanya “4 Besar”: Facebook, YouTube, LinkedIn, dan Twitter. Media sosial adalah fitur yang dibangun di dalam konten website seperti social bookmarking, emailing, atau auto posting dan fitur interaktif seperti komentar dan voting. Semua media sosial itu terintegrasi dengan telepon selular dan tablet. Jadi, maksimalkan penggunaannya untuk bisnis online kita.

Masih ada ruang untuk iklan berbayar
Iklan online merupakan cara mempromosikan situs dan konten di situs lain, misalnya pay-per-click. Kunci pengukuran iklan seperti ini harus selalu mencakup return of investment dan visibilitas target audiens.

Jalan menuju sukses bukanlah jalan tak menentu
Dari sudut pandang strategis, semua poin di atas harus dimulai dengan strategi yang menyeluruh; di mana kita mendefinisikan tujuan, kerangka tahapan yang dibutuhkan, dan mengartikulasikan ukuran kesuksesan kita. Rencanakan untuk memperbarui strategi  ini setidaknya sekali dalam sebulan berdasarkan hasil yang telah didapat, informasi baru, dan kompetisi yang sedang berjalan.




Bagikan kepada teman :

Samsung Garansi Resmi Produk Juara - Cicilan 0% & Bayar di Tempat