Hot News
Home » Tekno » Website » Memilih Nama Domain Untuk Website Anda

Memilih Nama Domain Untuk Website Anda

Bercita – cita membangun website untuk bisnis Anda tentunya sekarang bukanlah hal yang sulit, berbagai fasilitas membeli nama domain tersebar di internet seperti di Masterwebnet atau Jagoan Hosting, dan harganya juga sudah sangat terjangkau. Tetapi terkadang masalah memilih nama domain untuk website Anda sekarang ini sudah bukan menjadi hal mudah lagi, mengingat sekarang ini jutaan website sudah terbentuk, jutaan nama domai sudah dipakai, sehingga tidak mudah mencari nama domain bagi bisnis Anda jika ternyata nama domain yang Anda incar sudah dipakai oleh orang lain terlebih dahulu.

Perlu diketahui Nama Domain ini penting sekali, termasuk cara penulisannya karena salah tulis atau ketik satu huruf saja sudah menghasilkan arah yang salah menuju website Anda, jadi jangan gunakan filosofi “Apalah arti sebuah nama” yaaa…

Lalu harus bagaimana memilih nama domain? berikut beberapa tips agar Anda dapat memilih nama domain yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Usahakan Anda memilih nama domain dengan akhiran TLD “.com” , kenapa? karena domain ini mudah ditemukan kecuali Anda sudah pada titik terpaksa demi mendapatkan nama yang Anda inginkan gunakan akhiran TL lain seperti “.co” , ini nanti hasilnya seperti milik Tempo.co

2. Hindari penggunaan tanda “dashes” ( _ ) atau “minus” ( – ), selama komunikasi yang dilakukan itu tertulis, maka tanda seperti ini tidak akan menjadi masalah, tetapi seandainya diucapkan bisa saja tanda ini terlewatkan untuk dibaca sebagai nama domain.

3. Usahakan membuat nama domain jangan sampai 3 kata, masih ditambah setiap 1 kata bila diucapkan terkandung 3 suku kata lagi, ini akan menjadi domain yang sanga…at panjang.. :D,  contoh kasus : tokomainanlego.com , nah susah dibaca bukan?

4. Perhatikan cara membacanya karena lidah orang Indonesia terkadang terpleset ketika membaca tulisan yang berasal dari bahasa asing, termasuk huruf yang terkandung didalamnya, ini bisa jadi masalah besar untuk menemukan alamat url nama domain dengan tepat.

contohnya : lynnexpo.com, nah tulisannya “lynn”  padahal kalau dibaca bunyinya “lin” inilah yang perlu Anda perhatikan dalam nama domain.

5. Sesuaikan dengan target pasar pengunjung yang Anda inginkan , bila website Anda ditujukan untuk pasar pengunjung dari Indonesia, maka pilihan menggunakan kata – kata yang berasal dari bahasa Indonesia akan lebih tepat digunakan.

contohnya : galleryarchitecture.com, cobalah untuk menggunakan galeriarsitektur.com, lebih mudah bukan…:)

6. Masukkan topik utama bisnis Anda sebagai bagian dari nama domain yang ingin digunakan, sehingga mempermudah pengunjung Anda untuk mengetahui website ini berjualan produk atau jasa dari nama domainnya saja, misalnya : semarangwedding.com (pengguna internet sudah dapat mengetahui domain ini berbisnis di bidang pernikahan (wedding).

nah semoga tips memilih nama domain untuk website Anda diatas dapat membantu dalam mencari nama yang tepat untuk website Anda, selamat mencari nama domain. 🙂


Bagikan kepada teman :

Koleksi Taobao Resmi di Lazada