Home » Tekno » Website » Free Counter Untuk Menganalisa Trafik Pengunjung Di Website Anda

Free Counter Untuk Menganalisa Trafik Pengunjung Di Website Anda

Anda sebagai pemilik website, entah itu website yang bersifat pribadi ataupun website untuk bisnis, tentu membutuhkan informasi mengenai trafik pengguna internet yang mengunjungi website Anda, karena dari informasi data trafik maka Anda akan mendapatkan banyak input data yang berguna untuk meningkatkan performa website Anda baik dari sisi kualitas isi website maupun untuk perencanaan strategi pemasaran website.

Mengapa Anda memerlukan data trafik pengunjung ?

Ketika Anda membuat website untuk bisnis Anda sudah tentu trafik pengunjung menuju website Anda sangat penting, karena itu semua pemilik website bisnis (barangkali termasuk Anda) pun sangat ingin memiliki trafik yang tinggi menuju website bisnis Anda. (baca : Tips Meningkatkan Trafik Pengunjung ke Website Anda) tetapi bagaimana cara Anda untuk mengetahui jumlah trafik pengguna internet yang mengarah ke website Anda? jawaban adalah dengan menggunakan script yang khusus disetting pada website Anda. Script ini akan bekerja mencatat seluruh aktifitas trafik yang terjadi pada website Anda.

Dengan memiliki data trafik pengunjung ini maka ada beberapa data yang didapat seperti :

> Anda akan mengetahui berapa lama pengunjung tinggal di website Anda.
> Kata kunci apa yang digunakan pengunjung ketika mengunjungi website Anda.
> Darimana pengunjung berasal sebelum masuk ke website Anda, apakah dari search engine seperti google/yahoo, atau berasal dari web referal, atau mereka langsung menuliskan link url web di internet browser mereka.
> Darimana Negara, Propinsi, Kota, dari pengunjung website Anda, termasuk provider internet yang mereka gunakan.
> Aplikasi internet browser yang digunakan pengunjung ketika mengakses website Anda.
> Perangkat apa yang pengunjung gunakan ketika mengakses website Anda, apakah menggunakan komputer, laptop, tablet pc, atau telepon selular.
> Apa saja yang telah di-download oleh pengunjung dari website Anda.
> Anda dapat mengetahui secara online pada saat itu juga, berapa pengunjung yang sedang mengakses website Anda.
> Anda juga dapat mengukur bounce rate dari pengunjung di website Anda.

Manfaat dari data Trafik.

Dari data – data yang didapat mengenai trafik pengunjung di website Anda, maka Anda dapat mengolah data – data tersebut untuk melakukan analisa yang lebih baik karena sekarang Anda memiliki tolak ukur serta fakta mengenai website milik Anda. Data trafik pengunjung ini dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan performa website dari sisi teknis seperti : memperbaiki desain website maupun sitemap (navigasi) agar lebih nyaman dijelajahi olehpengunjung, meningkatkan search engine optimization (SEO) agar lebih mudah ditemukan melalui google/yahoo.

Data trafik pengunjung dapat juga digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran marketing dari website Anda sehingga aktifitas internet marketing Anda dapat lebih tepat sasaran dan tepat guna, misalnya dengan mengetahui bahwa website Anda ternyata lebih banyak dikunjungi melalui search engine, maka barangkali Anda perlu mempertimbangkan untuk beriklan di Google.

Banyak website yang menyediakan fitur data trafik pengunjung, tetapi mungkin Anda bingung dan kesulitan mencari mana yang terbaik untuk Anda dan tentunya gratis digunakan 😀 , untuk itu ada beberapa rekomendasi Free Counter untuk menganalisa trafik pengunjung di website Anda :

> Google Analytics.

> Statcounter.com

Baca juga : Cara Daftar dan Menginstall StatCounter di Website

> Histats.com

semoga bermanfaat 🙂
ditulis oleh : Johan Surya


Bagikan kepada teman :