Home » Heritage » Heritage Semarang » Salah Satu Bangunan Di Kota Lama Mulai Proses Konservasi

Salah Satu Bangunan Di Kota Lama Mulai Proses Konservasi


foto lama : dari internet | foto baru : Akhyar Fikri

Salah satu  bangunan di kawasan kota lama Semarang pada bulan Juni 2012 ini mulai dilakukan proses konservasi yaitu bangunan bekas PT. Perkebunan XV yang terletak di jalan Mpu Tantular (tepat disamping kali Berok). Dulunya bangunan ini milik NV Cultuur Maatschappij Der Vorstenlanden (sebuah perusahaan dari Belanda yang khusus bergerak dibidang pertanian dan perkebunan).

Bangunan yang memiliki kekhasan pada dua menara kembar yang seolah mengapit bangunan utama ini memiliki gaya arsitektur Eropa yang diperkuat dengan ornamen lengkung disetiap bukaan bangunan.

Bangunan berlantai dua dengan balkon ini memiliki atap berbentuk pelana bersusun yang menyatu dengan bangunan utama, sementara pada menara menggunakan atap berbentuk limasan.

Kondisinya sekarang cukup parah, banyak plesteran yang sudah terkelupas dari dinding bangunan, kemudian dinding tersebut ditumbuhin oleh tanaman, sementara dibagian atap bangunan utama ada yang sudah rubuh dan juga sudah kehilangan menara di salah satu sisinya.

Proses konservasi bangunan ini diawasi oleh BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) Prambanan, dengan studi yang telah dilakukan diharapkan bangunan ini dapat kembali menampilkan keindahan arsitekturnya, foto dibawah ini membayangkan seandainya si menara kembali lagi. 🙂


foto : Akhyar Fikri




Bagikan kepada teman :

Blibli 8th Anniversary - Kemerdekaan Nggak Habis Habis