Hot News
Home » Tekno » Website » Membeli Hosting dan Domain untuk Website Bisnis Anda

Membeli Hosting dan Domain untuk Website Bisnis Anda

Membeli Hosting dan Domain untuk Website Bisnis Anda | Ketika Anda ingin membuat website untuk memasarkan Merek Produk/Jasa milik Anda, maka Anda pasti akan terkena biaya Hosting dan Domain dimana biaya tersebut harus Anda tanggung setiap tahunnya selama Anda menginginkan website Anda tetap aktif dan dapat diakses melalui internet.

Setelah Anda membayar, lalu muncul pertanyaan Hosting dan Domain tersebut sebetulnya milik siapa? jawabannnya, hosting tentunya milik dari Provider Web Hosting, disini Anda hanya menyewa ruang untuk menyimpan data – data dari website Anda, sementara kalau Domain sudah pasti menjadi milik Anda.

Pengertian Domain secara sederhana dijelaskan sebagai alamat url untuk mengakses website milik Anda, misalnya Anda memilih nama domain SemarangKota.com, maka selanjutnya Anda dapat mempromosikan website Anda kepada rekan – rekan Anda untuk mengakses alamat domain SemarangKota.com untuk melihat isi website milik Anda, ibaratnya domain seperti alamat rumah / kantor Anda di dunia maya.

Disini perlu jelas bahwa domain dan website merupakan 2 hal yang terpisah, Anda dapat memiliki domain tetapi bila diakses kosong, karena belum ada isinya, sementara website dengan segala isi didalamnya membutuhkan nama domain agar dapat diakses online melalui internet.

Sebelum lebih jauh mengenai Domain, mari cermati alur pikir pembelian domain milik Anda pada gambar berikut :

Cara 1 : Anda membeli nama domain melalui Provider Hosting dan Domain terpercaya di Indonesia, atau juga dapat membeli melalui provider luar negeri, pembelian dapat dilakukan dengan cara belanja online.

Cara 2 : Anda membeli nama domain melalui Reseller A yang sekaligus melayani jasa pembuatan website, perlu diketahui Reseller B disini tidak memiliki server hosting sendiri, sehingga dia akan membelikan nama domain untuk Anda di Provider Hosting dan Domain, sederhananya Reseller A adalah makelar dan menerima jasa pembuatan website.

Cara 3 : Anda membeli lewat bantuan dari web desainer yang Anda sewa jasanya untuk mendesain website Anda. Web desainer dapat membeli langsung ke Provider Hosting & Domain, atau melalui Reseller B.

Cara 4 : Anda membeli nama domain melalui Reseller B yang hanya menjual hosting dan domain saja, tidak memiliki layanan jasa pembuatan website.

Pengelolaan Hosting dan Domain.

Pada dasarnya ke empat cara diatas semuanya dilakukan dengan sistem pembelian online, dimana bila proses transaksi pembayaran telah Anda lakukan maka akan mendapatkan login member (dengan password) untuk mengelola hosting dan domain yang telah Anda beli tersebut. Login Member disini merupakan hal yang berbeda dengan login area untuk mengelola isi website milik Anda.

Jadi sebenarnya hosting dan domain dapat dikelola oleh siapa pun yang dapat Anda percaya dan mengerti mengenai pengurusan hosting dan domain milik Anda (termasuk Anda sendiri), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengurusan hosting dan domain seperti :

> fasilitas apa saja yang Anda dapatkan dari reseller / provider yang bersangkutan.
> masa berlaku hosting dan domain, untuk selanjutnya diperpanjang atau tidak oleh Anda.
> berapa biaya yang harus Anda keluarkan setiap tahunnya untuk memperpanjang masa aktif hosting dan domain Anda.

Saran kami :

> membeli  hosting dan domain untuk website bisnis Anda di provider yang terpercaya.
> pastikan Anda memiliki akses login member dan password untuk mengakses domain Anda (bila Anda tidak ingin kehilangan nama domain Anda)
> percayakan akses login domain dan login website pada orang kepercayaan Anda untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan terjadi pada website dan domain Anda.


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017