Hot News
Home » Artikel » Artikel Wisata » Telaga Sarangan

Telaga Sarangan

Siapa yang belum pernah ke Telaga Sarangan ?, barangkali Anda salah satu yang penasaran dengan pesona telaga yang terletak di selatan Jawa Timur ini. Obyek wisata telaga Sarangan terletak di sebelah barat kota Magetan, menempuh perjalanan yang berkelok – kelok menyisir daerah pegunungan dengan keindahan panorama kaki gunung Lawu nan hijau, angin pegunungan yang sejuk.

Apa saja di Telaga Sarangan ?

Kawasan Telaga Sarangan memiliki luas sekitar 30 hektar berada di sebelah timur lereng Gunung Lawu, telaga-nya sendiri berukuran kurang lebih diameter 500m. Untuk mencapai telaga Sarangan, bila Anda dari Jawa Timur dapat melalui kota Ngawi atau kota Madiun lalu menuju kota Magetan, sementara bila dari Jawa Tengah melalui kota Solo lalu melewati lokasi wisata Tawangwangu dan menuju telaga Sarangan.

Khusus bila Anda lewat dari Tawangwangu maka Anda perlu mempersiapkan kendaraan dengan mesin yang prima, karena jalanan beraspal mulus dari Tawangwangu ke telaga Sarangan melalui jalan tembus kawasan perbukitan Cemoro Sewu yang berkelok – kelok ini memiliki jalanan menanjak yang panjang dan dibeberapa titik memiliki kecuraman cukup tajam, sehingga beban penumpang yang terlalu berat dapat membuat mobil atau sepeda motor kehilangan kekuatannya. Tetapi dibalik itu semua Anda akan disuguhi pemandangan alam yang akan membuat mata tak ingin lepas melihat hijaunya pegunungan dan udara sejuk khas pegunungan.


Matahari pagi dari lereng Gunung Lawu.

Lokasi telaga Sarangan dilengkapi dengan fasilitas penginapan, wisata naik kuda berkelilingan telaga, memacu andrenalin naik speed boat berkecepatan tinggi, dan tentu saja pedagang yang menawarkan oleh – oleh khas Magetan dan souvenir, serta wisata kuliner buat yang pengen makan terus karena suhu sejuk 18 – 25 C.


Deretan hotel bintang dan melati di lereng gunung


Senja di telaga Sarangan

Bila bermalam di Sarangan, siapkan pakaian yang cukup tebal karena suhu lumayan dingin, dan pada malam hari-nya, Anda bersama keluarga dapat berjalan – jalan melihat toko – toko souvenir ataupun berwisata kuliner, seperti ; sate ayam, sate kelinci, wedang ronde, nasi goreng dengan harga kisaran yang relatif normal walaupun di high season seperti moment lebaran. Tidak perlu kawatir untuk kehabisan tempat penginapan karena, jumlah hotel di telaga Sarangan termasuk yang cukup banyak pilihan, tetapi harga di musim liburan seperti tahun baru dan lebaran mengalami kenaikan sekitar 1.5x lebih mahal dari harga normal-nya yang biasanya berkisar antara 200rb s/d 400rb per malam.


Sarangan di malam hari

Tiket masuk ke Telaga Sarangan (sesuai Perda Retribusi No.2 Tahun 2012) :

Dewasa : Rp 7.500, – | Anak – anak : Rp. 5.000,- | Jasa Raharja : Rp. 2.000,-
Truk/Bis : Rp. 10.000,- | Colt/Sedan : Rp. 5.000,- | Sepedamotor : Rp. 2.500,-
Parkir Bis : Rp. 2.500,- | Parkir Mobil : Rp. 1.500,- | Parkir Motor : Rp. 1.000,-

Silahkan : download wallpaper Telaga Sarangan.


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017