Hot News
Home » Tekno » Website » Cara Daftar Dan Menginstall StatCounter di Website

Cara Daftar Dan Menginstall StatCounter di Website

Setelah di tulisan sebelum ini kami pernah membahas mengenai Free Counter Untuk Menganalisa Trafik Pengunjung Di Website Anda, sekarang kami memberikan langkah – langkah Cara Daftar dan Menginstall StatCounter di Website. Kelebihan dari StatCounter selain aplikasi ini gratis, juga menyediakan berbagai kode untuk menganalisa trafik pengunjung untuk berbagai aplikasi platform website seperti WordPress, Blogspot, Tumblr, Joomla, Drupal, dan lainnya.

Langkah Mendaftar dan Menginstall StatCounter di Website :

> Kunjungi StatCounter.com, klik tombol Sign Up.

> Pada halaman Create Account, Anda diminta untuk mengisi beberapa data,  isilah baris isian seperti : Username, Email Address, Full Name, Password

> Centang tanda Setuju terhadap Syarat dan Ketentuan, klik tombol Create Account. (gambar 1)


Gambar 1 : Membuat Akun di StatCounter.com

> setelah berhasil membuat akun, Anda diminta untuk membuat Project pertama, isilah URL (alamat link) yang ingin Anda analisa jumlah trafik pengunjung, misalnya kami ingin menganalisa jumlah pengunjung yang mengunjungi artikel ini, maka alamat link yang harus dimasukkan pada Project URL adalah http://semarangkota.com/tekno/website/cara-daftar-dan-menginstall-statcounter-di-website/

> Beri nama pada Project Title agar memudahkan mengingat data – data analisa.

> Isilah Country dan Timezone.

> Make Statistics Public, fitur ini memungkinkan pengguna internet melihat data statistik dari Project ini, bila Anda tidak ingin menunjukkan data pada project ini maka biarkan kotak kosong tanpa tanda centang.

> Do You Need a Counter or Button?, Anda dapat menampilkan proses perhitungan angka pada URL yang dimaksud, atau Anda dapat memilih Invisible Tracking untuk menyembunyikan proses ini.

> Email Reports, fitur ini memungkinkan Anda dikirimkan informasi data analisa ke akun email, pilihan yang disediakan untuk laporan data adalah setiap mingguan atau bulanan,  isilah alamat email yang ingin dijadikan lokasi pengiriman laporan data analisa, atau Anda memilih None untuk tidak dikirimkan laporan data.

> klik Add Project bila telah selesai. (gambar 2)


Gambar 2 : Membuat Project Analisa

> Langkah selanjutnya adalah meng-install kode yang telah disiapkan oleh StatCounter.com untuk disisipkan pada artikel atau file website Anda (bagi desainer website)

> pilihlah Default Installation Guide. (gambar 3)


Gambar 3 :memilih platform website

> Pada halaman Default Guide, terdapat tekse kode script yang harus Anda copy-paste ke artikel Anda.

> pada contoh ini, kami menyisipkan kode tersebut dibagian paling bawah artikel ini. (gambar 4)

> setelah proses memasukkan kode script sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah menguji kode tersebut, apakah sudah ter-install dengan baik, klik Check Installation.

Gambar 4 : kode yang harus disisipkan.


Gambar 5 :kode script analisa data

> bila proses Anda telah benar, maka Anda akan mendapatkan laporan bahwa kode telah terpasang dengan baik, dan akan memulai proses perhitungan data di hari – hari selanjutnya.

Anda dapat memasangkan banyak kode script untuk menganalisa setiap bagian dari website Anda, misalnya Anda ingin mengetahui seberapa banyak pengunjung web yang melihat halaman Kontak Anda, maka buatlah sebuah Project dan pasang kode script yang telah disiapkan. Cara yang perlu Anda lakukan cukup meng-klik Add Project pada halaman admin Anda di StatCounter.com (gambar 6)


Gambar 6 : halaman admin


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017