Home » Artikel » Artikel Menarik » Gizi Penting Untuk Ibu Hamil

Gizi Penting Untuk Ibu Hamil

> Asam Folat

Bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi resiko kelainan susunan syaraf pusat pada janin, disarankan dikonsumsi sejak persiapan kehamilan karena untuk pembentukan susunan syaraf pusat yang sudah dimulai sejak dari awal kehamilan. Asam Folat terkandung dalam brokoli, gandum, kacang – kacangan, jeruk, strawberry dan bayam.

> Kalsium

Bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, disarankan dikonsumsi pada trimester 2 dan trimester 3, kalsium banyak terkandung dalam telur, susu, ikan teri, salmon, sarden, sayuran yang berwarna hijau, kacang – kacangan dan wijen.

> Protein

Bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, disarankan dikonsumsi pada trimester 2 dan trimester 3. Kebutuhan protein pada ibu hamil sekitar 70gr/kg berat badan per hari. Sumber protein terdapat pada nabati : kacang – kacangan, terutama berasal dari kedelai, misalnya tahu dan tempe, dan dari hewani : susu, telur, daging, ikan.

> Zat Besi

Bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, disarankan mulai dikonsumsi pada trimester 2 dan trimester 3. Zat besi banyak terdapat pada daging, susu, telur, sereal, kacang – kacangan dan sayuran hijau.

sumber : SemarangWedding.com


Bagikan kepada teman :