Hot News
Home » Heritage » Heritage Semarang » Gereja Blendoek – Gereja Sejuta Foto

Gereja Blendoek – Gereja Sejuta Foto

Jika Anda berkunjung ke kota Semarang, jangan lewatkan kawasan seluas 31 hektar yang memiliki nilai sejarah dan arsitektur kolonial yang megah dan cantik di kawasan Kota Lama Semarang. Di dalam kawasan ini berdiri sebuah Gereja yang istimewa karena hampir setiap orang yang berkunjung ke kawasan kota lama dan membawa kamera, pastinya tidak akan melewatkan proses mengabadikan Gereja Blendoek ini dalam foto.

Gereja yang awalnya dibangun oleh bangsa Portugis di tahun 1750-an ini merupakan rumah joglo sederhana, yang kemudian di tahun 1894 – 1895 diredesain ulang oleh arsitek asal Belanda W.Westmass dan HPA Wilde menjadi sebuah karya arsitektur kolonial yang cantik dan megah serta masih bertahan hingga saat ini.

Sebetulnya sebutan gereja Blendoek (gereja Blenduk) yang terletak di jalan Letjen. Suprapto no.32 ini  bukanlah nama asli dari Gereja ini, tetapi karena ciri khas kubah berwarna merah inilah yang oleh masyarakat jawa kemudian populer di sebut Gereja Blendoek. Gereja ini sendiri sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah Kristiani dengan nama sebenarnya yaitu Gereja GBIP Immanuel.

Gereja Blendoek yang letaknya tidak jauh dengan Stasiun Semarang Tawang ini memiliki bentuk denah ruang oktagonal (segi delapan) yang bila Anda memasuki ruangan akan merasakan suasana seperti gedung teater kuno di Eropa. Interior dalam Gereja ini memiliki ciri khas Arsitektur Kolonial yang penuh dengan detail arsitektur yang dirancang dengan teliti, puluhan bangku dari kayu jati Belanda, Mimbar kuno, dan Orgel (alat musik kuno) menjadi daya tarik tersendiri bagi interior Gereja.

Entah sudah berapa ratus ribu atau mungkin jutaan foto dihasilkan oleh Gereja Blendoek, termasuk beberapa koleksi fotografi di bawah ini yang di dapat SemarangKota.com dari berbagai sumber. Jadi pastikan Anda bila berkunjung ke kota Semarang untuk tidak melepaskan sedikitpun kesempatan berkunjung ke Little Netherlands di Semarang.

 

foto oleh : Akhyar Fikri, Johan Surya, Rekli Mustofa, Mark William, Stefanus Ming, SemarangKota.com


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017