Home » Artikel » Tips Marketing » Meningkatkan Penjualan Melalui Social Media

Meningkatkan Penjualan Melalui Social Media

Social media sudah menjadi senjata membangun merek oleh para pemasar khususnya di Indonesia, dengan jumlah pengakses internet sebanyak 50 juta hal ini menjadi lahan promosi yang sangat menarik.

Banyak brand / merek yang masuk ke ranah social media tetapi belum secara maksimal memanfaatkan social media, banyak sekedar pelengkap program marketing saja atau bahkan karena coba-coba. Masih sedikit brand di Indonesia yang sudah sangat tepat dalam melakukan pemasaran di ranah social media.  mereka sangat fokus membangun brand di social media dengan biaya yang cukup besar untuk meraih konsumen di sini.

Social media yang dinamis dan horisontal membuat pola marketing berubah. Pelanggan sudah dapat memilih brand yang baik untuk mereka. Pelanggan juga sudah dapat memberikan komentar terhadap brand secara spontan dan dapat dilihat oleh khalayak. jadi hal yang sangat penting untuk brand terjun ke social media dengan selalu update pasar, kreatif dan lebih manusiawi, dan point penting lagi dapat memenuhi keinginan Pelanggan dengan tepat. (baca juga : Perbedaan Akun Profil dan Halaman di Facebook )

1. Social media meningkatkan penjualan secara tidak langsung.

> Membuat activation di social media yang bertujuan untuk membangun brand awareness brand tersebut di social media.

> Menciptakan word of mouth di social media yang bertujuan agar brand kita diperbincangkan oleh konsumen, diharapkan dengan perbincangan yang positif di social media maka diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian produk di toko karena impact dari word of mouth adalah rekomendasi. karena beberapa data menyebutkan bahwa yang mempengaruhi pembelian terbesar adalah “rekomendasi teman”.

> Menciptakan informasi produk yang lengkap dan menarik di social media. hal ini bertujuan dengan informasi lengkap dan menarik dapat menarik konsumen membeli produk yang di pamerkan, karena informasi yang lengkap dan menarik dapat menjadikan “Brand Switching” dengan terjadinya Brand switching maka secara tidak langsung konsumen yang akan membeli produk pesaing akan membeli produk kita karena merasa puas dengan informasi produk yang lengkap dan menarik

2. Meningkatkan penjualan di social media secara langsung.

> Program promosi jangka pendek :  Program ini adalah sebuah program yang dilakukan di media online dengan membuat program discount kepada pelanggan di online tetapi dalam jangka pendek sehingga akan membuat penasaran pelanggan. Key Performace Indikatornya adalah demand pelanggan untuk meng-order produk di program online ini. hal ini jelas akan meningkatkan penjualan secara langsung.

> Membuat toko online : Jelas aktifitas ini meningkatkan penjualan secara online karena pelanggan dapat langsung melihat produk dan langsung memesan produk yang diinginkan. Syarat merek untuk membuat toko online ini harus dibangun dengan system yang detail dan mudah sehingga layanan kepada pelanggan akan tetap terjaga. karena apabila system yang belum kuat akan menjadi bumerang terhadap merek itu sendiri.

> Program keanggotaan online : ini adalah program yang dibuat untuk meningkatkan sales secara langsung melalui layanan keanggotaan, pelanggan yang membeli produk dengan menggunakan keanggotaan online akan dapat reward atau penghargaan yang lebih dibanding dengan pelanggan yang membeli secara langsung di toko retail. Dalam program ini yang harus diperhatikan adalah kemudahan dalam memberlakukan system ini kepada konsumen.apabila program ini dapat berjalan baik makan program member card online ini dapat dilakukan dalam jangka panjang.

Demikian beberapa cara jitu meningkatkan penjualan melalui social media. hal ini akan berjalan dengan baik apabila di tangani secara serius dengan disiapkan tim yang benar-benar berpengalaman di bidang digital marketing maka program dapat berjalan dengan maximal dan dapat memberikan dampak positif.


Bagikan kepada teman :