Hot News
Home » Tekno » Website » FTP Client Untuk Mengupload File Ke Server

FTP Client Untuk Mengupload File Ke Server

Berbagai aplikasi FTP atau yang dalam bahasa teknisnya disebut File Transfer Protocol merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan sebagai sarana untuk menambah, mengurangi, menghapus, dan melakukan beberapa setting pada server. Ada 2 hal penting dalam aplikasi protokol FTP ini yaitu FTP Server sebagai pusat data dan FTP Klien sebagai peminta (request) menuju koneksi internet server.

Bagi yang sedang membangun weblog dari wordpress, aplikasi FTP Client diperlukan untuk meng-upload ataupun men-download file dari komputer lokal menuju server internet dengan cepat, dan mudah.

Lalu FTP Client mana yang sebaiknya digunakan? ada banyak varian aplikasi FTP Client yang dapat Anda unduh melalui internet seperti Filezilla FTP, SmartFTP, WinSCP, CuteFTP, dan masih banyak lagi. Lalu mana yang bagus donk? jangan kuatir aplikasi yang tadi disebut semua ok untuk digunakan dan semuanya juga memiliki setting yang tidak jauh berbeda.

Untuk membantu Anda belajar mengenai FTP Client, maka berikut ini ada sedikit langkah pembelajaran menggunakan aplikasi FTP Client milik FilezillaFTP.

> silahkan men-download aplikasi Filezilla di : filezilla-project.org/download.php

> kemudian lakukan instalasi di komputer Anda seperti biasa Anda meng-install aplikasi lainnya.

> setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi FileZilla FTP.

> sekarang memahami sebentar tampilan antar muka FileZilla,  2 kotak sebelah kiri adalah Local site, ini adalah folder dan file yang terdapat pada komputer loka, sementara 2 kotak di sebelah kanan adalah Remote site, ini adalah folder dan file yang terdapat pada server internet.

> kotak diatas nantinya akan menampilkan aktivitas yang sedang dilakukan oleh server.

> dan kotak dibawah akan menampilkan file yang sedang Anda download atau upload.

> kita tidak akan dapat mengakses server atau remote site tanpa melakukan pengaturan setting terlebih dahulu, lanjut yuuk..:)

> klik File > Site Manager atau Ctrl+S.

> Klik New Site.

> isilah Host dengan nama server, misalnya : semarangkota.com

> isilah Logon Type : Normal, masukkan User dan Password yang Anda miliki sama dengan user dan password untuk mengakses CPanel Anda.

> kemudian klik Connect, selanjutnya tinggal menunggu Remote Site menampilkan folder file Anda di server.

selamat mencoba




Bagikan kepada teman :

Blibli Spektakuler Semua Brand Diskon Hingga 70%