Home » Tekno » Wordpress » Cara Mengetahui Plugin WordPress Yang OK Untuk Website Anda

Cara Mengetahui Plugin WordPress Yang OK Untuk Website Anda

Sampai dengan ketika artikel ini ditulis, terdapat 21.384 plugin terdaftar di direktori plugin wordpress, dari begitu banyak plugin yang ada bagaimana cara mengetahui wordpress plugin yang OK untuk website Anda ? sehingga Anda tidak salah memilih plugin yang ternyata bermasalah atau tidak kompatibel dengan wordpress versi terbaru. Berikut beberapa hal yang dapat diperhatikan ketika memilih sebuah plugin di direktori plugin yang terdapat di wordpress.org.

> Versi Plugin, sebuah plugin dapat diketahui : apakah merupakan plugin yang baru, atau sudah lama ada dan pemilik plugin secara berkelanjutan memberikan support dan memperbaiki setiap kekurangan yang ada dari plugin tersebut secara berkala.

> Jumlah Download, semakin besar angka yang menunjukkan jumlah download semakin membuktikan kestabilan plugin tersebut karena banyak pengguna yang memakai plugin tersebut.

> Kompatibilitas, apakah plugin tersebut memiliki kompatibilitas terhadap wordpress versi terbaru ?  karena ada beberapa plugin di direktori plugin wordpress.org yang dibuat beberapa waktu yang lalu, tidak kompatibel dengan wordpress versi terbaru.

> Update Terakhir, update terakhir tidaklah begitu penting untuk diperhatikan, tetapi catatan sejarah dari update plugin dan perbaikan terhadap masalah yang terjadi menandakan pemilik plugin masih terus melakukan update dan memberikan dukungan terhadap plugin.

> Dokumentasi Plugin, hampir semua plugin yang baik memberikan keterangan deskripsi penggunaan yang jelas di wordpress.org, dan terdapat link url menuju website pengembangnya dengan kelengkapan cara instalasi, cara menggunakan, dan cara bila terjadi masalah pada plugin.

> Pemilik Plugin, dengan mengetahui siapa pemilik atau pengembang dari plugin tersebut, tidak menutup kemungkin ada plugin lain yang diciptakan oleh pengembang yang sama, dan mungkin saja cocok untuk digunakan.

Setelah kita melihat plugin tersebut di wordpress.org, langkah selanjutnya adalah mengunjungi website pengembangnya untuk mengetahui apakah ada informasi atau dokumentasi lebih lanjut terkait plugin tersebut. Kemudian tak ada salahnya Anda menggunakan Google dan melihat beberapa website yang memberikan review dari penggunaan plugin tersebut.

Jika semua yang Anda baca memberikan respon yang positif terhadap plugin, maka tidak ada masalah jika memang plugin tersebut Anda gunakan dan memang Anda membutuhkan plugin tersebut untuk blog wordpress Anda. Sebelum menguji sebuah plugin, sebaiknya Anda secara regular melakukan backup terhadap database, sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, maka dengan mudah Anda mengembalika website Anda.


Bagikan kepada teman :