Hot News
Home » Artikel » Artikel Otomotif » 4 Cara Menjumper Aki Mobil Yang Soak

4 Cara Menjumper Aki Mobil Yang Soak

4 Cara Mudah Menjumper Aki Mobil Yang Soak

Pernahkah Anda meninggalkan mobil Anda untuk beberapa waktu, lalu waktu kembali, mobil Anda tidak dapat distarter ? atau mungkin Anda lupa mematikan lampu dalam kabin hingga tenaga aki tersedot abis ? Dalam artikel ini, akan membahas cara mudah dan darurat menyalakan/men-starter mobil yang akinya soak sehingga tidak kuat stater.

Untuk keperluan jumpstart, berikut adalah beberapa alat kerja yang Anda butuhkan :

> Kabel jumper
Kabel jumper memiliki rating tersendiri, diukur dari kemampuan untuk menjalarkan seberapa banyak arus. Untuk mobil bermesin diesel besar, biasa dibutuhkan kabel jumper dengan kemampuan minimal 500Amps. Untuk mobil kecil, kadang kabel dengan kemampuan 200Amps sudah mencukupi.

> Aki cadangan, mobil bantuan, ataupun portable car jumper.
Pilihlah aki/mobil yang akinya berkekuatan berimbang, atau lebih besar dari aki yang perlu di-jumpstart. Semakin banyak daya yang tersedia, maka tingkat kesuksesan proses jumpstart semakin tinggi.

> Tenaga bantuan dorong

Adapun untuk mengatasi masalah mesin tidak bisa stater karena aki yang tekor, adalah dengan men-jumpstart aki mobil Anda. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, masing-masing dengan tantangan dan langkah tersendiri. Berikut ulasannya satu persatu:

1. Dengan bantuan mobil lain

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

– Pastikan aki mobil bantuan masih dalam keadaan prima, dan memiliki kapasitas aki yang minimal setara dengan aki yang akan di-jumpstart.
– Dekatkan kedua mobil tsb sedekat mungkin sehingga kedua akinya berjarak praktis antara satu sama lain.
– Capit kabel jumper merah ke terminal positif aki mobil bantuan.
– Capit ujung kabel jumper merah ke terminal positif aki yang tekor.
– Capit kabel jumper hitam ke terminal negatif aki mobil bantuan.
– Capit ujung kabel jumper hitam ke rangka atau bagian metal mobil yang akinya soak (hal ini untuk menghindari resiko ledakan yang bisa disebabkan oleh aki yang telah rusak).
– Pastikan transmisi kedua mobil dalam keadaan netral/parkir. Untuk memaksimalkan daya yang bisa dihasilkan, pastikan semua aksesoris mobil (lampu, AC, audio, TV, dll.) dalam keadaan mati.
– Nyalakan mesin mobil bantuan dan langsam gasnya.
– Nyalakan mesin mobil yang akinya tekor.
– Kalau mobil yang tadinya mogok sudah nyala, boleh dilangsam gasnya untuk memancing pengisian alternator.
– Dalam keadaan kedua mesin nyala, lepaskan satu persatu capitan kabel jumper, dengan urutan terbalik: (lepas capitan kabel jumper hitam di rangka mobil, lalu capitan kabel jumper hitam di terminal negatif aki mobil bantuan, lalu lepaskan capitan kabel jumper merah dari terminal positif aki yang tadinya soak, lalu lepaskan capitan kabel jumper merah dari terminal positif aki mobil bantuan).
– Untuk menghindari terulangnya kejadian, segera mampir ke bengkel mobil/toko aki terdekat dengan Anda untuk konsultasi.

2. Memakai Portable Car Jumper

Bila Anda memiliki portable car jumper, bisa gunakan alat tersebut untuk membantu starter. Langkahnya hampir sama dengan yang di atas:

– Capit ujung kabel jumper merah ke terminal positif aki.
– Capit ujung kabel jumper hitam ke rangka atau bagian metal mobil.
– Nyalakan portable car jumpernya.
– Tunggu beberapa saat, lalu coba nyalakan mesin mobil. Pastikan transmisi mobil dalam keadaan parkir/netral sebelum mencoba menghidupkan mesin. Juga untuk memaksimalkan daya yang bisa dihasilkan, pastikan semua aksesoris mobil (lampu, AC, audio, TV, dll.) dalam keadaan mati.
– Kalau mobil sudah nyala, matikan jumpernya, lalu cabut kabel hitam dari kepala negatif aki, lalu cabut kabel merah dari kepala positif aki.
– Segera bawalah mobil Anda ke bengkel mobil/toko aki terdekat untuk konsultasi.

3. Memakai aki cadangan

Bila Anda memiliki aki cadangan masih dalam keadaan bagus, dan memiliki kapasitas yang hampir sama dengan aki yang tekor. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Hubungkan terminal positif aki cadangan ke terminal positif aki yang soak dengan kabel jumper merah.
– Capit kabel jumper hitam ke kepala aki cadangan, lalu ujungnya dicapit ke rangka metal mobil.
– Pastikan mobil dalam transmisi netral/parkir, lalu coba nyalakan mesinnya.
– Untuk memaksimalkan daya yang bisa dihasilkan, pastikan semua aksesoris mobil (lampu, AC, audio, TV, dll.) dalam keadaan mati sebelum mencoba menyalakan mesin.
– Bila mesin berhasil dinyalain, lepaskan kabel jumper hitam terlebih dahulu, lalu lepaskan kabel jumper merah.
– Segera bawalah mobil Anda ke bengkel mobil/toko aki terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

4. Bantuan tenaga dorong

Bila ketiga cara tsb di atas tidak membantu, dan mobil Anda bertransmisi manual, maka cara terakhir adalah dengan memancing mesin dengan dorongan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

– Pastikan mobil dalam transmisi netral. Carilah jalan lurus datar atau sedikit menurun. Tarik rem tangan supaya mobil tidak meluncur.
– Mintalah bantuan orang di sekitar Anda untuk mendorong mobil Anda dari belakang.
– Sesaat sebelum mobil didorong, lepaskan rem tangannya, supaya mobil Anda bebas meluncur ke depan.
– Kalau mobil sudah mendapatkan momentum untuk meluncur, segeralah ganti transmisi Anda ke gigi 2, dan sewaktu kopling dilepas, momentum mobil akan menggerakkan as mesin dan dengan sendirinya mesin akan dipancing untuk nyala.
– Jika mesin sudah nyala, jangan lupa mengucapkan terima kasih atas bantuan masyarakat yang telah mendorong. Segeralah mampir ke bengkel mobil/toko aki terdekat untuk bantuan lebih lanjut.
– Hubungi toko aki terdekat Anda yang melayani jasa jumpstart.

Perlu diingat, tidak ada jaminan semua mobil yang akinya yang tekor bisa dinyalain dengan cara tersebut di atas. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan jumpstart dengan metode di atas: kondisi aki yang tekor, kondisi aki pembantu, kemampuan kabel jumper, dll.


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017