Hot News
Home » Tekno » Tips dan Trik » Tips Belanja Online Yang Aman Di Internet

Tips Belanja Online Yang Aman Di Internet

Toko online terus bertumbuh di internet baik yang berbentuk website, blog maupun melalui jejaring sosial media seperti Facebook, hanya saja semakin banyaknya online shop ini membuat Anda harus berhati – hati dalam melakukan transaksi jual beli melalui internet, agar tidak terkena tipuan belanja maupun melakukan pembayaran di toko online tersebut. Berikut ada beberapa tips belanja online yang aman di internet untuk Anda :

1. Memilih Penjual yang Terpercaya.

Untuk mengetahui hal ini memang tidak mudah, apalagi bila toko online tersebut belum memiliki reputasi yang baik, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan, misalnya :

> alamat website : sebuah toko online setidaknya harus memiliki domain dan hosting berbayar, kalau pakai web domain gratisan, semakin sulit dipercaya sebuah bisnis koq ngga sanggup beli domain berbayar, walaupun domain berbayar belum sepenuhnya jaminan dapat dipercaya.

> penampilan dan update konten website secara berkala : sebuah toko online yang terawat dengan baik, pasti memiliki penampilan website yang baik, semua keterangan tertera jelas, harga ter-update, foto atau gambar yang digunakan berkualitas baik.

2. Lakukan Cek dan Ricek Sederhana.

> Toko online harus memiliki kontak yang jelas untuk dapat dihubungi, misalnya no. telepon yang aktif, YM Aktif, alamat email, dan alamat kantor. Ada kalanya toko online yang dibuat perserorangan tidak mencantumkan alamat kantor, tidak masalah dengan hal tersebut, Anda dapat melakukan investigasi sederhana dengan mencoba seluruh kontak, apakah telepon online dan dijawab oleh penjualnya.

> tanyakan seluk beluk mengenai produk, penjual semestinya menguasai barang yang dia jual, ketersediaan produk, spesifikasi produk.

3. Perhatikan Syarat dan Ketentuan serta Tata Cara Pembayaran.

> Bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan yang tercantum pada website dan tata cara pembayaran, semuanya harus tertera jelas di dalam website tersebut.

4. Hubungi Support Service.

Coba Anda tes pelayanan support service-nya, bagaimana cara mereka melayani Anda, cobalah untuk bertanya kritis dan detail.

5. Gunakan Akal Sehat Anda.

Tips terakhir ini susah – susah gampang, yang pasti gunakan nalar akal sehat Anda, semuanya dapat dilogika, bila ada keraguan pada diri Anda, lupakanlah bertransaksi dengan penjual.


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017