Hot News
Home » Heritage » Heritage Semarang » Semarang Nol Kilometer

Semarang Nol Kilometer

Ketika Anda menuju kota Semarang, seringkali Anda melihat patok yang terbuat dari beton bertulang sebagai petunjuk jarak kota yang ada di pinggir jalan raya, semisal : SMG 50KM yang artinya 50 kilometer lagi Anda akan masuk ke kota Semarang. Pernahkah Anda menebak – nebak dimanakah titik nol (0) kilometer dari kota Semarang ? barangkali ada yang menjawab kawasan Simpang Lima atau mungkin Tugu Muda atau Masjid Kauman.

Ini jawaban yang benar : titik nol (0) kilometer dari kota Semarang terletak di sebuah taman tepat di depan Gedung Keuangan Negara, Jalan Pemuda dan berdekatan dengan Kantor Pos Pusat kota Semarang.

Semarang Nol Kilometer ini ditandai dengan dibangun sebuah tugu kecil tepat ditengah taman, yang sekilas mungkin tidak akan Anda lihat, tetapi bila dicermati pada tengah taman tersebut Anda akan melihat tugu kecil penanda nol kilometer ini.

Dari Tugu Nol Kilometer ini Anda dapat menyeberang jembatan berok dan masuk ke kawasan Kota Lama Semarang, dimana banyak bangunan – bangunan bersejarah seperti Gereja Blenduk yang terkenal dan Gedung Marba yang berwarna Merah, kemudian sekitar 500m ke Stasiun KA Semarang Tawang.

Titik nol kilometer sudah ada sejak jaman Belanda yang dahulu ditentukan dengan mengambil titik ini pada setiap Kantor Pos Pusat dari masing – masing kota, sehingga kalau posisinya tidak pernah berubah hingga sekarang, maka dimanapun Anda berada dapat menemukan tugu – tugu kecil seperti ini berdekatan dengan Kantor Pos Pusat dari setiap kota di Pulau Jawa.




Bagikan kepada teman :

Samsung Garansi Resmi Produk Juara - Cicilan 0% & Bayar di Tempat