Hot News
Home » Tekno » Tips dan Trik » Komputer Kantor Bukan Komputer Privat Anda

Komputer Kantor Bukan Komputer Privat Anda

Komputer kantor seringkali dipakai tidak hanya untuk urusan kerja terkadang beberapa urusan pribadi sedikitnya ada yang dilakukan melalui komputer kantor. Agar tetap selalu aman dan nyaman serta terhindar dari hal – hal yang tidak menyenangkan dan merusak reputasi, ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian.

> Hapus dulu jejak Anda.

Ini sering menjadi kesalahan yang paling sering terjadi, lupa logout dari akun pribadi seperti email, jaringan sosial media, ataupun akun lain yang dapat berakibat tidak baik. Selama menggunakan fasilitas kantor, sebaiknya tidak ada data password atau kata sandi yang tersimpan di komputer tersebut demi keamanan data Anda.

> Atur Berkas File Anda.

Jangan tinggalkan berkas – berkas file pribadi di komputer kantor Anda, pisahkan data kantor dan data pribadi atau gunakan alat penyimpan data eksternal seperti harddisk eksternal atau flashdisk.

> Keamanan.

Jangan membuka fasilitas Internet Banking atau fasilitas sejenis di komputer kantor, termasuk penggunaan kartu kredit untuk belanja online, walaupun sudah banyak protokol keamanan data, tidak menutup kemungkinan Anda lalai dalam penggunaannya sehingga meninggalkan jejak pada fasilitas bersama. Gunakan selalu komputer pribadi untuk aktifitas seperti ini.

> Website Ilegal.

Hindari membuka website – website yang bersifat ilegal seperti situs judi, situs pornografi, akan beresiko tidak baik apabila diketahui oleh rekan kerja atau bahkan mungkin diketahui oleh atasan Anda yang dapat menyebabkan terjadinya ketidakpercayaannya kepada Anda.

> Etika dan Peraturan.

Pahamilah peraturan penggunaan perangkat elektronik dan aktifitas digital pada perusahaan Anda. Beberapa perusahaan memiliki peraturan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dari penggunaan email resmi kantor, usahakan semua aktifitas pribadi tidak menggunakan email resmi kantor. Selalu tinggalkan fasilitas komputer kantor dalam kondisi bersih, dan matikan bila tidak ada yang menggunakan lagi.


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017