Hot News
Home » Artikel » Artikel Menarik » Kiat Jitu Memilih Rumah Idaman di Perumahan

Kiat Jitu Memilih Rumah Idaman di Perumahan

Inikah pertanyaan yang sering Anda pikirkan ketika akan membeli rumah :
• Perumahan mana yang baik dan cocok buat saya?
• Apakah uang yang telah saya keluarkan sepadan dengan kualitas rumah yang saya dapatkan?
• Bagaimana keamanan,kenyamanan, kualitas lingkungan di sekitar rumah yang saya beli?
• Bagaimana potensi investasi yang bisa saya dapatkan dari rumah ini?
• Apakah lahan rumah yang akan saya beli berada di daerah rawan bencana?

Yap, itulah 5 pertanyaan yang paling sering kita dapatkan dari banyak orang setiap kali ada kesempatan melakukan obrolan ringan seputar rumah, yang akhirnya menjadi obrolan berat karena setelah dijelaskan panjang lebar ternyata susah – susah gampang mencari penyelesaiannya.

Disini kami akan berikan tips sederhananya, yang semoga bisa memberikan sedikit pencerahan bagi Anda dalam menentukan dan mencari rumah yang ideal bagi Anda dan keluarga.

LOKASI PERUMAHAN

Berbicara mengenai lokasi perumahan, secara langsung akan berpengaruh terhadap mobilitas Anda sehari – hari. Ada beberapa point penting yang perlu diperhatikan seksama, yaitu :

• Kondisi lahan perumahan, ini point paling penting yang harus diperhatikan terutama bagi yang membeli di daerah perbukitan atau berkontur, dikarenakan lahan seperti ini punya potensi untuk terjadi longsor ataupun merupakan daerah patahan (seringkali sulit dikendalikan, karena ini fenomena alam).
• Jarak tempuh (perjalanan Anda dari rumah ke suatu tempat). Ke pusat perbelanjaan, kantor tempat Anda bekerja, sekolah, pasar, dan lainnya. Ingatlah ini berpengaruh langsung terhadap waktu yang dibuang, biaya bahan bakar kendaraan.
• Moda transportasi umum apa saja yang melewati lokasi perumahan. Penjelasan sederhananya, bila ada transportasi umum berarti ada pergerakan ekonomi di sekitar lokasi tersebut.

PENGEMBANG PERUMAHAN

Kredibilitas dan porto folio serta sejarah singkat perjalanan perumahan yang sudah ataupun sedang dibangun perlu diperhatikan. Jangan sampai Anda kena tipu dari pengembang perumahan yang asal – asalan. Hubungan dengan pengembang perumahan berkaitan erat dengan persoalan hukum, cari tahu mengenai status tanah lokasi perumahan, perjanjian jual beli antara Anda dengan pengembang, serta pengurusan soal surat – surat yang lain.

LINGKUNGAN PERUMAHAN

Di sini Anda perlu meluangkan waktu untuk melakukan survei lokasi dan membandingkannya antar perumahan yang ingin Anda dihuni.
Berikut beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian Anda :

• Pepohonan atau taman lingkungan (green area). Tentunya akan lebih nyaman bila lingkungan tempat tinggal Anda asri, teduh sehingga tidak panas, ingatlah bahwa pepohonan yang lebat dan tinggi merupakan barier (penghalang) yang baik terhadap polusi debu.
• Lebar jalan masuk perumahan dan lebar jalan lingkungan, jalan yang lebar memberikan Anda kemudahan sirkulasi berkendara, dan setidaknya Anda tidak perlu was-was kendaraan Anda di serempet oleh kendaraan lain yang sedang lewat.
• Kepadatan lalu lintas di lingkungan perumahan dan didepan rumah Anda. Berpengaruh terhadap tingkat kebisingan dan keamanan. Bisa jadi Anda tidak bisa tidur tenang karena berisik dan anak Anda tidak leluasa bermain sepeda.
• Sarana dan Prasarana pendukung. Bisa jadi perumahan yang Anda lirik tidak menyediakan sarana – sarana pendukung seperti ; kompleks pertokoan, pusat kebugaran, tempat rekreasi, dan lainnya. Hal ini bisa Anda toleransi bila didaerah sekitar perumahan ada tempat – tempat pendukung yang memenuhi kebutuhan Anda.

DESAIN RUMAH

Faktor ini mempertimbangkan desain rumah tersebut, perhatikan bentuk denah rumah, luas lahan / luas bangunan, tampak rumah. Yang perlu menjadi perhatian adalah :
• Kemungkinan pengembangan rumah (luasan tanah yang besar Anda berbagai pilihan untuk memperluas rumah).
• Perhatikan luas setiap ruangan (Anda bisa dengan leluasa menata interior ruangan).
• Tampak rumah (membuat rumah Anda bisa tampil unik, menarik dan merepresentasikan jati diri Anda)
• Kapasitas rumah dan jumlah orang yang akan tinggal.
• Desain rumah yang efektif dan fungsional, akan mempermudah dalam melakukan perawatan berkala terhadap rumah Anda.

KUALITAS MUTU BANGUNAN

Pertimbangkan kualitas mutu bangunan, karena kualitas yang baik juga akan memberikan ketahanan dan kenyamanan dalam rumah, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti :
• Spesifikasi teknis bangunan ; lihatlah spesifikasi yang tertulis di brosur dan kemudian cek dengan kondisinya di rumah tersebut, apakah benar yang disyaratkan telah sesuai.
• Cek bahan bangunan yang digunakan, seperti ; genteng, rangka atap, keramik lantai, perangkat sanitary, cat yang digunakan, kusen dan jendela, dan lainnya.
Ingatlah kembali bahwa kualitas mutu bangunan yang baik, secara langsung akan berpengaruh terhadap perawatan rumah dan harga rumah tersebut.

SARANA INVESTASI ATAU RUGI

Apakah rumah menjadi sarana investasi yang baik? Jawabannya bisa menjadi “ya” kalau segala sesuatunya dalam 10 atau 20 tahun ke depan berjalan dengan stabil, dan akan menjadi “tidak” kalau seandainya kasus krisis keuangan perumahan seperti di Amrik terjadi di negara kita, atau terjadi bencana alam diluar kemampuan kendali kita seperti banjir, longsor, tanah lokasi perumahan mendadak patah, atau kasus terparah seperti yang terjadi di Porong-Sidoarjo yang bisa membuat kita sangat sulit menjual kembali rumah kita.

Jadi kalau punya uang ya kita beli rumah, kalau sanggup kredit ya beli rumah dengan kredit, daripada kontrak rumah terus sepanjang umur. Yang pasti dengan memiliki rumah, Anda telah memenuhi kebutuhan akan hunian dalam jangka panjang, satu-satunya kelemahan adalah sifat likuiditasnya. Menjual rumah tidak mudah dan tidak bisa cepat.

Semoga informasi ringan diatas dapat memberikan masukan yang berharga bagi Anda, dan tentunya akan lebih baik bagi Anda bila sabar dan cermat dalam memilih perumahan, karena Anda akan menginvestasikan dana dalam jumlah yang besar demi masa depan Anda dan keluarga.


Bagikan kepada teman :

Koleksi Taobao Resmi di Lazada