Hot News
Home » Fotografi » Tips Foto » Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

Di dalam fotografi ada beberapa teknik pencahayaan (lighting) yang bila ini kita ketahui dengan baik maka kita akan mendapatkan sebuah foto yang tidak hanya menarik tetapi dapat menghasilkan dimensi yang berbeda dari setiap pencahayaan yang dihasilkan. Ada beberapa teknik pencahayaan yang sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu agar kita dapat membentuk obyek yang kita foto.

> Flat Lighting – Pencahayaan Datar

Bentuk pencahayaan frontal atau pencahayaan langsung berasal dari arah depan obyek sehingga menghasilkan gambar yang berkesan datar tanpa dimensi. Biasanya pencahayaan ini dihasilkan dari lampu kilat yang di pasang (melekat) di kamera.

> Direct Lighting (Pencahayaan Langsung)

Direct lighting (cahaya langsung) cahaya yang datang langsung dari sumber cahaya tanpa hambatan dan tanpa di pantulkan. Sifatnya keras dan menghasilkan bayangan tajam. Cahaya langsung terjadi ketika matahari bersinar terang dengan langit tak berawan sehingga cahaya matahari jatuh langsung menimpa subyek. Bagian yang tertimpa sinar matahari biasanya menghasilkan bayangan yang kuat, bersifat satu arah, dan memiliki berkas cahaya kuat dengan kontras yang mencolok antara bagian yang terkena sinar dan tidak terkena.

> Rembrandt Lighting

Rembrandt Lighting ato Pencahayaan Rembrandt. Kata Rembrandt diambil dari nama seorang pelukis kelahiran Belanda pada abad 17, yang mendapatkan ide pada lukisan untuk memanfaatkan cahaya matahari yang masuk lewat jendela yang lebih tinggi darinya. Aturan teknis ini akhirnya juga diikuti oleh para fotografer dengan meletakkan posisi lampu yang agak tinggi dari obyeknya (dapat diletakkan di sebelah kanan ato kiri obyek) sehingga efek yang didapatkan adalah bayangan segitiga yang terdapat pada bagian di salah satu sisi wajah. Penyinaran ini biasa digunakan oleh fotografer yang ingin menampilkan sebuah potret dengan menonjolkan nilai artistik. Dalam dunia seni rupa, pencahayaan Rembrandt ini sering juga disebut window lighting.

> Rim Lighting

Letak sumber cahaya (misal lampu studio) yang berada di belakang obyek yang agak menyamping kiri atau kanan sehingga terbentuk cahaya yang mengelilingi di sekitar obyek foto.

ditulis oleh : Stefanus Ming


Bagikan kepada teman :

Lazada Nutrisi Untuk Negeri Oktober 2017