Hot News
Home » Tekno » Facebook » Apa itu GROUP di Facebook dan Aplikasi Fitur Didalamnya

Apa itu GROUP di Facebook dan Aplikasi Fitur Didalamnya

Apa itu GROUP di Facebook dan Aplikasi Fitur Didalamnya| Grup di Facebook berbeda dengan fanspage atau halaman, tujuan dari Grup di facebook adalah sebagai sebuah wadah komunitas, dimana setiap anggota yang bergabung didalam Grup tersebut memiliki interest atau ketertarikan terhadap topik yang ada di Grup tersebut.

Misalnya Grup Semarang Kota yang ada di Facebook, dimana grup ini merupakan grup yang aktivitas di dalamnya lebih banyak membahas mengenai kegiatan yang terjadi di kota Semarang, grup ini juga berbagi informasi mengenai pengetahuan dan event serta promosi yang terjadi di kota Semarang

Cara bergabung ke Grup di Facebook.

Untuk dapat bergabung di dalam sebuah grup ada 2 cara, yang pertama Anda meminta untuk bergabung, setelah di setujui oleh Admin Grup, barulah kemudian Anda dapat ikut melakukan kegiatan di dalam grup tersebut, dan yang kedua Anda bergabung dalam sebuah grup karena ditambahkan oleh teman Anda yang terlebih dahulu telah bergabung di grup tersebut.

Keluar dari Grup.

Keluar dari sebuah grup di facebook, dapat Anda lakukan dengan cara membuka akun Facebook Anda melalui komputer/laptop, karena untuk dapat keluar dari grup Anda hanya bila melakukannya melalui Facebook versi desktop, Anda tidak dapat keluar dari grup bila mengakses facebook melalui mobile.

Cara untuk keluar adalah cari terlebih dahulu grup yang ingin Anda tinggalkan, kemudian klik icon seperti pada gambar dibawah ini, kemudian pilih Keluar dari Grup. ketika Anda telah yakin dengan mengkonfirmasi untuk keluar dari grup, maka selanjutnya Anda tidak akan dapt ditambahkan lagi menjadi anggota di grup tersebut. Satu cara untuk kembali menjadi anggota di grup adalah Anda sendiri yang kembali Minta bergabung ke Grup.

Notifikasi atau pemberitahuan aktivitas Grup di Facebook.

Untuk mengetahui aktivitas yang sedang terjadi pada grup, Anda akan mendapatkannya dari fitur Pemberitahuan, dan juga notifikasi melalui email Anda, bila kemudian notifikasi tersebut terlalu banyak sehingga membuat inbox email Anda menjadi penuh, caranya ada di artikel menonaktifkan notifikasi grup di facebook.

Menampilkan Posting Penting di-wall.

Seringkali terlalu banyaknya posting di-wall grup, menyebabkan posting penting yang bertujuan dibaca seluruh anggota menjadi hilang tertelan dengan posting – posting baru, sehingga anggota yang terlambat online untuk membaca posting harus men-scroll layar turun kebawah untuk melihat seluruh posting, nah fitur Sematkan Kiriman (Pin Post), memungkinkan posting untuk terus ditampilkan pada bagian atas wall sehingga seluruh anggota dapat membacanya.

Memberi kata sambutan kepada Anggota baru.

Fasilitas ini dapat dilakukan baik oleh Admin maupun oleh anggota lain didalam grup tersebut, caranya sebagai berikut :

>pada tampilan wall grup perhatikan pada angka jumlah member : 2,709 anggota (31 baru), silahkan klik 31 baru tersebut

> tunggulah sesaat, akan tampil jendela baru yang menampilkan daftar anggota baru yang bergabung di dalam grup.

> pada bagian bawah keterangan dari setiap anggota baru terdapat kotak isian : “Selamat datang di grup…“, silahkan ketik kata sambutan Anda sebagai admin grup ataupun sebagai anggota lama.

Aturan Group di Facebook.

Facebook memang jejaring sosial dimana Anda bebas menulis, meng-upload foto, ataupun berkomentar bahkan menghujat selama itu Anda lakukan di akun pribadi milik Anda, tetapi berbeda kasus di Grup, ada beberapa grup yang asal dibuat dengan kepentingan tidak jelas tetapi ada juga grup yang dibuat sebagai grup serius, jadi Anda perlu memperhatikan tata krama atau aturan di grup tersebut sebelum Anda melakukan posting ataupun upload foto, bisa saja aturan tersebut tertulis jelas di dokumen grup atau di keterangan grup.




Bagikan kepada teman :

Samsung Garansi Resmi Produk Juara - Cicilan 0% & Bayar di Tempat