Hot News
Home » Tekno » Wordpress » 02. Menginstall WordPress Pada Web Hosting

02. Menginstall WordPress Pada Web Hosting

Setelah Anda membeli Hosting dan Nama Domain untuk web Anda, sekarang langkah selanjutnya adalah meng-install WordPress pada web hosting. Ada 2 cara untuk melakukan proses instalasi wordpress :

1. Install Otomatis.

Proses install otomatis dapat dilakukan dengan mengakses CPanel Akun Hosting, ada menu Installer Aplikasi Web, ikuti langkah – langkah yang telah disampaikan pada menu installer tersebut.

2. Install Manual.

Proses install manual, yaitu dengan cara memindahkan file aplikasi web wordpress yang telah di-unduh menggunakan program aplikasi FTP Client FileZilla, berikut penjelasannya :

* aktifkan aplikasi FileZilla, lakukan proses setting server web Anda sesuai dengan langkah – langkah yang sudah dijelaskan pada artikel : FTP Client Untuk Mengupload File Ke Server, koneksikan remote site ke folder www, lalu unggah semua file di folder WordPress (pada komputer Anda) ke folder www (remote site), lihat gambar disamping.

Pada langkah diatas Anda telah berhasil memindahkan file – file wordpress yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website, tetapi file tersebut belum dapat tereksekusi, langkah selanjutnya adalah melakukan proses instalasi WordPress agar dapat berjalan sebagai program web

1. Membuat Database di MySQL

* pada menu Database MySQL, cari opsi menambah database atau pilih opsi MySQL Database Wizard, tentukan nama database, username dan password, contoh :
> nama database : data_websaya
> username : data_usersaya
> password : pass_saya

2. Memodifikasi file wp-config.php.

* cari file wp-config-sample.php yang terdapat pada folder wordpress di komputer Anda, buka menggunakan notepad, lalu perhatikan pada fungsi dibawah ini :

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'database_name_here');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'username_here');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'password_here');

isilah menjadi seperti ini :

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'data_websaya');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'data_usersaya');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'pass_saya');

kemudian simpan file tersebut dan rename menjadi wp-config.php, kemudian unggah menggunakan Filezilla seperti cara sebelumnya, jangan lupa untuk menghapus file wp-config-sample.php yang berada di remote site.

3. Install WordPress.

* langkah selanjutnya adalah, aktifkan web browser, kemudian akses-lah alamat domain yang telah Anda beli tersebut, misalnya : situsanda.com

* akan tampil menu instalasi WordPress, yang meminta Anda untuk mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti : Site Title, Username, Password, Your E-mail, Privacy. Setelah selesai klik Install WordPress.

* SUKSES!, Anda telah berhasil meng-install WordPress menjadi web Anda, selanjutnya Anda dapat Login ke halaman Dashboard menggunakan username & password yang sudah Anda buat dilangkah sebelumnya, dimana fungsi Dashboard adalah sebagai halaman admin, tempat Anda untuk melakukan segala suatunya yang berhubungan dengan website Anda.




Bagikan kepada teman :

Samsung Garansi Resmi Produk Juara - Cicilan 0% & Bayar di Tempat