Home » Lifestyle » Olahraga » Sepakbola » Sejarah 20 Tahun Barclays Premier League

Sejarah 20 Tahun Barclays Premier League

Tidak terasa Barclays Premier League sekarang dalam musim ke-20. Setiap tahun selama dua dekade terakhir para pemain, manajer, dan klub Liga telah menciptakan beberapa momen besar dan pertandingan yang menceritakan kisah musim penuh dengan momentum besar, beberapa catatan sejarah 20 tahun Barclays Premier League ada di bawah ini :

1992/93
Kompetisi ini dibentuk sebagai Premier League, 22 tim bersaing di musim pertama. Brian Deane dari Sheffield United mencetak gol pertama musim ini pada tanggal 15 Agustus dalam kampanye kompetisi yang akhirnya dimenangkan oleh Manchester United. Rata – rata jumlah penonton total Premier League adalah 69,6%  dan ditonton langsung dengan jumlah penonton sepanjang musim adalah 9.75M. Premier League menghasilkan omset sebesar £ 46m.

1993/94
Carling menjadi Sponsor pertama dan kompetisi ini kemudian dikenal sebagai Premiership Carling. Manchester United menjadi satu-satunya tim keempat di abad ke-20 yang menjadi Double Winner di Piala Liga dan Piala FA. Andy Cole mencetak rekor gol sebanyak 34 gol untuk Newcastle United.

1994/95
Blackburn Rovers, yang dimanajeri oleh Kenny Dalglish, memenangkan kejuaraan pada hari terakhir musim ini. Striker Alan Shearer yang pada waktu itu membela Blackburn Rovers mencetak rekor yang sama seperti milik Andy Cole dengan 34 gol. Tahun 1994/95 menjadi musim terakhir dengan 22 tim, empat yang terdegradasi dan hanya dua tim datang dari Football League.

1995/96
Manchester United kembali lagi menjadi double winner dengan menjadi juara Liga dan Piala Liga dan Eric Cantona dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun ini. Manchester United juga mencatat kemenangan Liga Premier terbesar yang pernah ada dengan mengalahkan Ipswich Town dengan skor akhir pertandingan 9-0. Alan Shearer yang membela Newcastle United mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak dengan 31 gol dalam satu musim 38 pertandingan.

1996/97
Pada hari pembukaan musim 1996/97 David Beckham membuat gol spektakuler untuk Manchester United dari garis setengah lapangan, dan dia mengakhiri musim dengan menobatkan diri sebagai  Pemain Muda Terbaik Tahun ini dari Asosiasi Pesepakbola Profesional, disaat bersamaan Manchester United mengangkat trofi Liga Premier untuk ke 4 kalinya. Pada musim ini Arsenal menunjuk Arsene Wenger sebagai manajer tim.

1997/98
Arsenal memenangkan Liga Premier Inggris dengan selisih satu poin atas Manchester United, merombak keunggulan 11-poin dalam perjalanannya meraih titel juara. Arsene Wenger menjadi manajer asing pertama yang memenangkan gelar di Inggris. Arsenal menjadi tim kelima yang meraih double winner di Liga Premier dan Piala FA.

1998/99
Sistem Akademi Liga Premier sudah diatur. Manchester United mencatatkan sebagai tim yang menjuarai treble winner di Liga Premier, Piala FA dan Liga Champions UEFA. Klub dari Inggris mendapatkan tiga kali pernah menjadi juara Liga Champions UEFA. omset Liga Premier naik ke £ 281m.

1999/2000
Manchester United memenangkan Liga Premier dengan rekor selisih 18 poin, menetapkan standart tinggi yang baru dengan total seluruhnya 97 gol yang dicetak. Sebuah rekor baru untuk jumlah gol dalam satu musim juga diciptakan dengan total keseluruhan 1.060 gol. Kevin Phillips dari Sunderland menjadi pemain ketiga yang sanggup mencetak 30 gol atau lebih dalam satu musim.

2000/01
Manchester United mengalahkan Arsenal kedua kalinya untuk musim ketiga berturut-turut dan Sir Alex Ferguson menjadi manajer pertama yang memenangkan tiga gelar berturut-turut di Inggris. Ledley King mencetak gol tercepat dalam sejarah Liga Premier (ketika pertandingan baru  berjalan 10 detik). Klub dari Inggris mencatat tambahan menjadi empat kali juara Liga Champions UEFA.

2001/02
Barclaycard menjadi Sponsor baru. Arsenal menyelesaikan Liga Premier dan Piala FA dan mencetak gol di setiap pertandingan Liga Premier. Omset dari  Liga Premier sekarang menjadi £570m . Ketiga klub dipromosikan menghindari degradasi – Fulham, Blackburn Rovers, dan Bolton Wanderers.

2002/03
Manchester United mencatat rekor tidak terkalahkan selama 18 pertandingan sejak dari Boxing Day, dan mencatat jarak sebesar 8  poin memimpin dari Arsenal dalam proses untuk memenangkan gelar titel juara Liga Premier yang kedelapan bagi Manchester United.

2003/04
Dua tahunan pertama pra-musim Asia Trophy berlangsung di Malaysia. Arsenal memenangkan Liga, akan melalui seluruh musim terkalahkan dan mendapatkan julukan ‘The Invincibles’. Thierry Henry menjadi pemain keempat yang mencetak 30 gol dalam satu musim Liga Premier dan Roman Abramovich mengambil alih sebagai pemilik klub Chelsea FC.

2004/05
Barclays menjadi Sponsor baru untuk Liga. Jose Mourinho mengambil alih sebagai manajer tim Chelsea FC, untuk memenangkan penerbangan pertama mereka atas gelar titel juara dalam 50 tahun dengan kemenangan terbanyak (29 kali) dan paling sedikit kebobolan (15) dalam satu musim. Kiper Petr Cech menyimpan 24 lembar catatan yang bersih.

2005/06
Chelsea mempertahankan gelar Liga Premier dan menang dengan jumlah yang sama pada musim lalu yaitu 29 kali. Alan Shearer menyatakan pensiun dari sepakbola, setelah mencetak rekor gol sebanyak 260 gol. Arsenal meninggalkan Stadion Highbury menuju markas baru yaitu Emirates Stadium dan striker mereka Thierry Henry memenangkan the Football Writers’ Association Footballer of the Year untuk ketiga kalinya.

2006/07
Manchester United menjadi klub ketiga yang berbeda yang memenangkan Liga Premier dalam empat musim.  Moritz Volz dari Fulham mencatatkan diri sebagai pencetak gol yang ke 15.000 sepanjang Liga Premier.  76.098 Penonton pertandingan antara Manchester United v Blackburn Rovers di Old Trafford pada 31 Maret 2007 menjadi rekor penonton terbanyak.

2007/08
Nama kompetisi dirubah dari Barclays Premiership menjadi Barclays Premier League. Final Liga Champions UEFA berlangsung antara tim dari Inggris dimana Manchester United mengalahkan Chelsea. Pemain sayap Manchester United Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak dengan 31 gol dan dilakukan hanya dalam 31 pertandingan sejak Liga Premier dimulai, catatan ini mengalahkan Alan Shearer yang butuh 38 pertandingan.

2008/09
Manchester United meraih titel juara Premier League yang ke 11 dan menyamai rekor Liverpool dengan total 18 kali juara liga. Premier League mencatat total omset £ 1.005M.

2009/10
Chelsea merebut kembali gelar Liga Premier dari Manchester United untuk pertama kalinya sejak 2006. Keberhasilan musim pertama yang sangat baik untuk manajer Chelsea FC Carlos Ancelotti, dengan timnya mencetak 103 gol sebagai sebuah rekor Premier League baru dan juga memenangkan Piala FA.

2010/11
Manchester United mencatat gelar juara ke-12 mereka di Liga Premier dan 19 kali secara keseluruhan. Sebuah rekor baru 1.063 gol yang dicetak dalam satu musim 38 pertandingan. Pada hari Sabtu 5 Februari 2011 tercatat rekor 41 gol yang dicetak dalam satu hari dan hanya terjadi dalam delapan pertandingan. Premier League mencatat rata – rata penonton sebesar 92,2%  dan total jumlah penonton sepanjang musim adalah 13.4m. Premier League ber-omset di £ 1.202bn, dengan lebih dari £ 165m didistribusikan di luar Liga untuk solidaritas, tujuan yang baik dan pendanaan perawatan rumput stadion.

Referensi : www.premierleague.com


Bagikan kepada teman :